Mengajak Jimny Bermain Sejenak di Habitat Asli

Kompas.com - 02/10/2019, 08:03 WIB
Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, akhirnya Kompas.com bersama dengan rekan media lainnya mendapat kesempatan untuk menjajal generasi keempat Suzuki Jimny di habitat asli, sirkuit off-road, semi-permanen, Pagedangan, Tangerang, Senin (30/9/2019) lalu.

Secara tampilan Jimny generasi keempat membawa ciri khas dari tiga generasi sebelumnya. Bentuk fog lamp dan headlamp LED Projector terbaru yang mengikuti Jimny generasi pertama atau LJ80, dua garis horizontal di sisi kap mesin yang mengambil Jimny generasi kedua SJ410, dan bentuk gril depan yang menyerupai Jimny generasi ketiga, yakni JB77.

Pada kesempatan pertama, unit yang redaksi gunakan merupakan Jimny dengan transmisi manual. Sistem pengoperasiannya tak berbeda dengan mobil manual lain, hanya ada tambahan tuas kecil di belakang gagang transmisi untuk pengaturan sistem pengerak 4x4.

Baca juga: Siap-siap, Harga Jimny Bisa Lebih Murah

Suasan kabin Jimny memang terlihat minimalis, tapi kalapangannya masih cukup baik dari baris pertama ataupun baris kedua. Posisi berkendara juga cukup nyaman, juga sudah banyak tombol di bagian kemudi, membuat aktivitas berkendara jadi lebih menyenangkan. Pastinya, Jimny generasi ini terasa jauh lebih mewah. 

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Tak membutuhkan waktu lama, setelah mesin dinyalakan dan tuas transmisi di pindah ke posisi gigi satu, si mungil ini langsung melaju berlahan di area tanah merah.

Meski lokasinya terbatas, tapi pengujian kali ini cukup beragam. Lintasanya dirancang sedemikian rupa layakanya medan off-road sehingga para media bisa lebih puas "menyiksa" dan membuktikan kemampuan Jimny yang keluar dari pabrikan sebagai kendaraan profesional.

Mulai dari jalan bergelombang, bumpy, menanjak, menurun, sampai lintasan terjal, semua wajib dilahap Jimny yang masih berstatus standar pabrikan.

Baca juga: Jajal All New Suzuki Jimny di Lintasan Offroad [VIDEO]

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Lintasan pertama, media ditantang untuk melibas jalur tanah bekas kubangan air sekaligus merasakan sistem penggerak yang bisa langsung digeser ke konfigurasi 4L. Dengan mudah Jimny mampu melewatinya, bahkan ketika dihadapi jalur jungkat-jungkit yang membuat bagian salah satu roda terperosok, seakan tak menjadi masalah berarti bagi Jimny.

Begitu juga ketika menanjak curam, dengan transmisi di posisi dua, Jimny mampu merangkak naik tanpa perlu menekan pedal gas terlalu dalam. Sistem pengerak All Grip Pro mampu mendistribusikan tenaga dengan baik ke masing-masing roda yang membutuhkan sehingga mampu meminimalis gejala selip.

Baca juga: Kehadiran Suzuki Jimny Diwarnai Praktik Ilegal

Test Drive Suzuki Jimny Test Drive Suzuki Jimny

Mesin 1.500 cc berkode K15 B yang sama dengan Ertiga juga terasa lebih berisi dalam menyuplai tenaga. Melihat data spesifikasi, mesin tersebut mampu memproduksi tenaga sebesar 100 tk dengan torsi 130 Nm, hasilnya benar-benar di luar ekspektasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X