Awas Terjebak Macet, Simak Rekayasa Lalu lintas saat Pelantikan DPR, MPR, DPD

Kompas.com - 01/10/2019, 10:12 WIB
Sejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019). ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJASejumlah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berunjuk rasa di depan gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/9/2019).
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Prosesi pelantikan anggota DPR/ MPR/DPD periode 2019-2024 akan berlangsung hari ini, Selasa (1/10/2019). Untuk melancarakan seremoni tersebut, pihak kepolisian telah memberlakukan rakayasa lalu lintas.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir, mengatakan untuk rekayasa lalu lintas saat pelantikan parlemen tidak ada perubahan masih sama dengan hari-hari sebelumnya.

"Sama saja, jadi kalau untuk di depan gedung MPR/ DPR itu memang sudah ditutup sejak 23 September 2019 lalu samapi sekarang. Untuk hari pengalihan arus diberlakukan mulai pukul 06.00 WIB tadi," kata Nasir saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/101/2019).

Baca juga: Diblokade Massa, Jasa Marga Tutup Tol Arah ke DPR-MPR

Ada lima titik jalan yang ditutup dan dialihkan pada saat proses seremoni pelantikan, yakni Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Gatot Subroto, Asia Afrika, Gelora, dan Semanggi.

Tol dalam kota sudah beroperasi normal Tol dalam kota sudah beroperasi normal

1. Arus lalu lintas dari Jalan Gatot Subroto ke arah DPR dibelokkan ke kiri ke Jalan Gerbang Pemuda.

2. Arus lalu lintas dari Tol Dalam Kota yang akan keluar di off ramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tol Tomang.

3. Arus lalu lintas yang dari Jalan Gatot Subroto yang akan ke Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke arah Semanggi.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Gelora yang menuju ke Jalan Gerbang Pemuda diluruskan ke Jalan Asia Afrika.

5. Arus lalu lintas yang dari Jalan Asia Afrika ke Gerbang Pemuda diluruskan ke Jalan Gelora.

"Bedanya hari ini kita tambah personil untuk pengamanan saja. Jumlahnya mencapai 1.473 untuk mengatur lalu lintas di sekitar lokasi. Untuk ruas Tol Dalam Kota menuju bandara atau di kedua arah sejauh ini normal, tidak ada yang ditutup," kata Nasir.

Baca juga: Simak Rekayasa Lalu Lintas di Sekitar Gedung DPR Senayan

Sebelumnya PT Jasa Marga (Persero) Tbk, juga sudah mengumumkan paskademo kemasin saat ini lalu lintas di Tol Dalam Kota yang akan mengarah ke Gedung DPR/MPR sudah kembali dibuka untuk kedua arahnya.

"Setelah memastikan kondisi lajur aman dan dapat dilintasi, atas diskresi kepolisian sejak pukul 04.35 WIB tadi Tol Dalam Kota dari Cawang menuju Slipi sudah dibuka. Lalu menyusul arah sebaliknya pada pukul 04.40 WIB," ucap Marketing and Communication Departement Head Jasa Marga Regional JabodetabekJabar Irra Susiyanti.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X