Tips Beli Mobil Lewat Jalur Lelang

Kompas.com - 26/09/2019, 14:01 WIB
Suasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018 BidwinSuasana balai lelang mobil bekas Bidwin. Tercatat pertumbuhan penjualan mobil bekas melalui lelang selama 2018
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lelang adalah salah satu cara untuk mendapatkan kendaraan berkualitas baik dan terjamin dengan harga relatif murah. Bahkan, model yang ditawarkan sering kali jadi rebutan orang banyak.

Demi mempertebal dompet, tak jarang juga pemenang lelang yang menjual kembali kendaraannya itu. Bagi yang berminat, apa saja yang harus diperhatikan sebelum membeli kendaraan lewat lelang?

Sebagaimana dikatakan General Manager Balai Lelang Asta Nara Jaya (Auksi) Ari W. Andrian, penting bagi calon peserta lelang untuk lakukan pengecekan kembali kondisi kendaraan yang akan dibelinya.

Baca juga: 6 Langkah Ikut Lelang Mobil Bekas Online

Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Calon peserta lelang saat mengikuti lelang mobil sitaan KPK hasil tindak pidana korupsi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/9/2017). Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK) melelang sebanyak 22 barang sitaan milik terpidana korupsi.

"Datang saja di acara open house-nya dan lihat daftar lot paling tidak tiga sampai empat hari sebelum pelaksaan. Bawa juga orang yang memang mengerti otomotif dan mobil tersebut supaya valid," katanya di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Lalu, pastikan dokumen apa saja yang kurang pada kendaraan tersebut. Sebab biasanya kendaraan merupakan hasil tarikan dari perusahaan pembiayaan karena nasabahnya mengalami gagal bayar atau kredit macet.

Baca juga: Bea Cukai Buka Lelang Ratusan Unit Mobil Subaru, Mulai Rp 24 Juta

"Dalam beberapa kasus bahkan ada unit yang belum dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan pajaknya mati," ujar Direktur Utama PT Mega Armada Sudeco (Tunas Auction) Heri Johan.

Lelang Subaru dilaksanakan Bea Cukai Tanjung PriokLelang.go.id Lelang Subaru dilaksanakan Bea Cukai Tanjung Priok

Lebih detail, lakukanlah pemeriksaan pada 7 poin penting yaitu pastikan mobil belum mengalami kecelakaan, terendam banjir, lihat kondisi mesinnya, interior, eksterior, surat-surat kendaraan berupa pajak, STNk, BPKB, dan faktur, serta cek nomor rangka dan nomor mesin apakah sama dengan dokumennya atau tidak.

"Tak kalah penting, jangan emosi ketika melakukan penawaran (bid). Tetap utamakan pemikiran logis dan sesuai angka yang telah dihitung sebelumnya (nominal penawaran dikurang biaya lelang dan pengurusan kendaraan)," kata Heri.

Ratusan Subaru Dilelang

Sebagai informasi, dalam waktu dekat Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tanjung Priok bakal menyelenggarakan lelang 169 unit mobil Subaru. Seluruh mobil terjerat kasus tidak dibayarnya tagihan audit bea dan cukai.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X