Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2019, 17:04 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan mobil listrik Formula E akan diselenggarakan di Jakarta pada 6 Juni 2020. Prosesi pengesahan dihadiri para petinggi Formula E di Monas, Jakarta Pusat, Jumat, (20/9/2019).

"Terkait rencananya, kita bisa sampaikan di sini waktunya Insya Allah 6 Juni tahun depan, kemudian rencana penyelenggaraannya di sekitar Monas," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dalam pertemuan Kamis, (19/9/2019).

Baca juga: Jakarta Sudah Siap Jadi Tuan Rumah Formula E

Meski sudah ada jadwal dan lokasi penyelengaraan, Anies mengatakan, saat ini pihak Formula E belum menentukan rute mana yang akan dipakai balapan.

"Tapi rutenya sendiri itu belum diputuskan, karena tim teknis sedang melihat rute-rute persis mana yang digunakan, kalau tidak salah mereka hanya memerlukan 3 km, dan Formula E selalu menggunakan jalan raya dalam kota, jadi tidak membuat trek baru tapi mengunakan trek yang ada," katanya.

Baca juga: Sirkuit Jalanan Formula E Akan Tonjolkan Ikon Jakarta

Sebelumnya, Anies pernah mengatakan tim Formula E memang sudah datang ke Indonesia untuk memeriksa kualitas infrastruktur termasuk jalan dan rute. Hasilnya tim yang ditunjuk itu mengatakan Jakarta siap menggelar Formula E.

"Sebelum kita sampai pada fase negosiasi, itu sudah ada proses pemeriksaan dulu ke sini, jadi ada tim dari Formula E datang ke sini memeriksa rute-rute, memeriksa jalan, memeriksa kualitas infrastruktur jalan kita sesudah itu dinyatakan siap baru kita negosiasi," kata Anies.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com