Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Jadi Tuan Rumah Formula E, Ini Aturan Balapannya

Kompas.com - 20/09/2019, 06:42 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -Indonesia disebut menjadi salah satu tuan rumah ajang balap mobil listrik, Formula E, tepatnya di DKI Jakarta. Bahkan, kini dari sisi persiapan sudah masuk dalam tahap akhir.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, ajang bergengsi yang menjadikan jalanan perkotaan sebagai tempat balap ini bisa terselenggara di ibu kota Indonesia pada pertengahan 2020.

Lantas, bagaimana Formula E ini berlangsung? Melansir dari situs resmi Formula E, Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah menetapkan bahwa sirkuit balapan harus memiliki panjang lintasan 1,9 sampai 3,4 kilometer.

Baca juga: Plus Minus Balapan Formula E di Jakarta Menurut Moreno Soeprapto

London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.Source: www.fiaformulae.com London akan menjadi salaj satu kota tuan rumah seri balap Formula E musim 2019-2020.

Sementara lama balapannya memakan waktu selama 45 menit, sangat berbeda dibanding Formula 1 yang bisa berlangsung selama tiga jam lebih.

Setiap mobil memiliki kekuatan maksimal sebesar 250 kilowatt (Kw) yang dapat mencapai kecepatan hingga 280 kilometer per jam. Namun ketika balapan, semua pilot hanya diperkenankan menggunakan tenaga sebesar 200 Kw.

Salah satu tim balap yang ikut dalam ajang Formula E 2018.Formula E Salah satu tim balap yang ikut dalam ajang Formula E 2018.

Aturan Formula E banyak, namun salah satu yang populer adalah pebalap tidak diperkenankan untuk melakukan pengisian baterai saat balapan berlangsung. Pengisian daya hanya diperbolehkan selama latihan dan di antara setiap sesi.

Baca juga: Dunia Balap Jerman Perlahan Tinggalkan F1 dan Berpaling ke Formula E

Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.AFP/Getty Images for Kaspersky/Mike Stobe Pebalap Tim Virgin Racing yang dibayangi Robin Frijns berkompetisi di New York E-Prix Formula E Musim 5 pada 13 Juli 2019 di New York, AS. Raksasa cybersecurity Kaspersky menjadi sponsor resmi tim Envision Virgin Racing untuk tahun kedua berturut-turut.

Jadi, mobil benar-benar memaksimalkan tenaga listrik yang dimilikinya sehingga bisa bertahan hingga satu jam.

Demi keberlangsungan balapan, FIA menyarankan pengemudi untuk berhenti selama setiap E-Prix, dan kemudian beralih ke mobil lain yang telah siap dibawa berseluncur lagi.

Jaguar Formula E 2016 car exploded viewGraham Murdoch Jaguar Formula E 2016 car exploded view

Sedangkan swapping, tetap perlu dilakukan di dalam slot khusus (pitlane) atau garasi yang dialokasikan dengan pengamatan cermat oleh FIA. Sehingga segala persiapan meliputi penggunaan sabuk pengaman dan peralatan telah benar diatur dan tak menimbulkan hal yang kurang diinginkan.

Formula E pertama kali diperkenalkan pada 2014 lalu di Beijing, China, dan dipercaya menjadi ajang balap mobil masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com