Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjaga Interior Mobil Tetap Cling

Kompas.com - 14/09/2019, 13:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Menjaga kebersihan mobil jadi salah satu cara agar kondisi mobil selalu optimal. Selain eksterior yang selalu dicuci, pemilik mobil juga harus menjaga kondisi interior.

Menurut Raymundus Arief, Business Development Manager PT Scuto Indonesia, kunci perawatan mobil bagian interior adalah dengan menjaga kondisi keaslian bahan komponennya.

Jika diperlukan, pemilik mobil dapat menggunakan obat atau cairan khusus yang dapat mengembalikan keaslian dari komponen di interior.

Baca juga: Modifikasi Interior Toyota HiAce Ala Mobil Mewah Sultan

Bersihkan bagian-bagian interior mobil, penting untuk kesehatan.Stanly/Otomania Bersihkan bagian-bagian interior mobil, penting untuk kesehatan.

“Misalnya untuk jok bahan kulit, mungkin cukup dilap dengan chamois sudah bisa bersih. Namun jok bahan fabric pasti agak sulit, dia butuh obat khusus untuk menghilangkan noda,” ujarnya.

Ray mengatakan, jangan sampai obat khusus yang diaplikasikan malah menghilangkan karakter asli dari bahan komponennya. Misalnya interior dengan karakter doff, setelah dibersihkan malah mengkilap, atau sebaliknya.

“Bahan interior dari plastik atau kulit punya karakteristik yang berbeda, cara merawatnya juga berbeda,” imbuhnya saat ditanya Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ubah Interior Mobil Bergaya Rally Look

Kebersihan interior mobilStanly/Otomania Kebersihan interior mobil

Sedangkan bagian karpet mobil disarankan untuk selalu dikeluarkan dan dibersihkan saat mencuci mobil. Selain untuk menghindari lembab, cara ini dilakukan untuk membuat kabin menjadi terasa lebih segar.

“Karpet itu tempat bersarangnya bau pada interior. Pemilik mobil dapat menggunakan silika gel kering atau alat dehumidifier untuk menghilangkan lembab,” tutup Ray.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com