Tahun Depan Bekasi Punya Sirkuit Permanen Bertaraf Nasional

Kompas.com - 14/09/2019, 10:01 WIB
Sirkuit Reka Vida di Bekasi KOMPAS.com / Aditya MaulanaSirkuit Reka Vida di Bekasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahun depan wilayah Bekasi, Jawa Barat akan memiliki fasilitas Sirkuit yang bersifat permanen. Lintasan itu bisa digunakan untuk kegiatan balap sepeda motor, hingga mobil.

Dalam membangun Sirkuit ini, PT Reka Kreasi Indonesia bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Korwil Bekasi. Lokasinya berada di area perumahan Vida, Bekasi.

"Jadi kami ingin masyarakat Bekasi dan sekitarnya memiliki fasilitas Sirkuit, sehingga tidak ada lagi balapan liar di jalan, yang secara risiko sangat tinggi," ucap Bobby Hardy, CEO Sirkuit Reka Vida, Bekasi di kawasan Jakarta Garden City, Jakarta Timur, Jumat (13/9/2019).

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Penyebab Kecelakaan Truk di Cipularang | Aturan Isi Bensin di SPBU

Bobby melanjutkan, pengguna sepeda motor di kota dan kabupaten Bekasi secara jumlah cukup tinggi. Salah satu tujuannya juga agar tidak ada lagi atau meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Sirkuit Reka Vida di Bekasiistimewa Sirkuit Reka Vida di Bekasi

"Sebab, kecelakaan lalu lintas itu paling banyak terjadi pada anak usai produktif, dan banyak yang kecelakaan ketika balapan liar, oleh sebab itu kami punya rencana untuk membuat Sirkuit secara permanen untuk memfasilitasi sekaligus mencari bibit pebalap," ujar dia.

Komarudin, Korwil IMI Kota Bekasi melanjutkan, sekarang ini Sirkuit Reka Vida sudah berdiri dan bisa digunakan. Tetapi sifatnya belum permanen, karena sebagian masih menggunakan lahan atau jalan umum.

"Mulai tahun depan, jika tidak ada halangan pembangunan Sirkuit permanennya mulai Februari dan proses pembangunan hanya lima bulan," kata Komarudin.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Sirkuit Misano yang Disebut Sirkuit Yamaha

Pembangunan Sirkuit itu, kata Komarudin sudah disertifikasi oleh IMI pusat. Sebagai contoh, spesifikasi seperti kualitas aspal, hingga dari sisi keamanan distandarkan secara nasional.

"Karena skalanya juga nanti akan menjadi nasional, sehingga semuanya harus menyesuaikan dengan standar dari IMI," kata dia.

Karakter Sirkuit

Sirkuit ini, lanjut Bobby memiliki spesifikasi lima tikungan kombinasi antara kiri dan kanan, dengan lebar kurang lebih enam sampai delapan meter. Lintasan lurus untuk sementara masih 250 meter, tetapi akan ditingkatkan menjadi 402 meter.

"Jadi dengan karakter seperti itu, bisa digunakan untuk balap mobil dan motor. Bahkan bisa disewakan juga untuk umum atau untuk kegiatan lain," kata Bobby.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X