Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2019, 07:32 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya menyebut bahwa sudah menandatangani Letter of Intent (LOL/surat bisnis) dengan asosiasi komponen, yakni Perkumpulan Industri Kecil Menengah Komponen (PIKKO) Indonesia.

Hal ini dilakukan guna meningkatkan lokal konten pada Esemka, walau saat ini belum seratus persen dari Indonesia.

"Kami invite supplier untuk bisa berpartisipasi support kami. Komponen apa yang mereka produksi, seberapa cocok dengan kebutuhan kami, silahkan ditawarkan dengan ekonomis namun berkualitas. Sehingga mobil yang dihadirkan benar-benar dari Indonesia," katanya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Sekali Lagi, Esemka Bukan Mobil Nasional!

Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali
Berdasarkan catatannya, sudah ada puluhan Industri lokal baik dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta, yang ikut serta dalam membangun model pertama Esemka, Bima.

Beberapa diantaranya ialah PT INKA (Persero), sebagai pemasok sasis dan tangki BBM. Berkerja sama dengan PT ABS (Adi Budaya Cipta), BUMN yang berkantor di Madiun, Jawa Timur, ini juga mengurus karoseri dan bak Esemka Bima.

Urusan blok mesin dan transmisi, Esemka menggandeng PT Cikarang Perkasa Manufacturing. Mitra lokal ini sudah sangat pengalaman di bidang tersebut, sudah banyak mobil penumpang yang mempercayakannya.

Baca juga: Siap Eksis, Esemka Gandeng Industri Komponen

Perihal radiator, fuel filter, dan oil filter, Esemka menggandeng PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna, perusahaan patungan antara Tokyo Radiator Jepang dengan PT Selamat Sempurna Tbk.

Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali

Penasaran dengan grill Esemka Bima yang disebut mirip dengan pikap asal China? Penanggung jawab hal iini adalah PT IMS dan PT Santoso Cipta Dian Prima.

Dasbor dan roda kemudi Esemka Bima disebutkan menggunakan dari PT Usra Tampi. Perusahaan ini juga salah satu pemasok komponen andalan Mitsubishi Motors.

Seluruh penggunaan kaca pada mobil, kecuali bagian depan, didapatkan dari PT Armada Indah Agung Glass. Sedangkan bagian aki, dipasok langsung dari PT Nippres Energi Otomotif.

Baca juga: Tes Langsung, Mengendarai Esemka Bima 1.3

Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali Intip dalaman pabrik Esemka di Boyolali

Kaki-kaki mobil seperti velg dan ban dipasok dari Inkoasku dan PT Gajah Tunggal Tbk. Sedangkan masalah suspensi, dipercayakan ke PT Indospring, salah satu industri manufaktur lokal yang sudah terkenal.

Karena kualitasnya, sampai saat ini sudah banyak perusahaan otomotif yang menjadi langganannya seperti Astra Honda Motor, Daihatsu, Mercedes-Benz, Mitsubishi Motors, Hyundai, Kawasaki, dan banyak lagi.

Sedangkan komponen yang masih impor, seperti Ring Piston dan ECU. Walau demikian, Eddy berharap seiring berjalannya waktu bagian tersebut bisa diproduksi di dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com