Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2019, 18:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Solo Manufaktur Kreasi resmi meluncurkan produk pertamanya, Bima 1.2 dan 1.3. Perbedaan mendasar dari kedua model tersebut ada pada muatan kargo dan performa kendaraan.

Masuk dalam segmen mobil niaga ringan, kendaraan buatan anak bangsa itu bakal berhadapan langsung dengan pemain besar yang lebih dulu eksis seperti Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max, serta DFSK Supercab.

Kendati demikian, bila membandingkan spesifikasi pabrikan ternyata Bima ungul dalam beberapa hal yaitu lebar baknya. Sehingga, muatan yang bisa dibawa sedikit lebih banyak.

Tetapi, bila berbicara performa, Bima termasuk pikap yang memiliki kemampuan tempuh terkecil di kelasnya. Berikut komparasi antara Esemka Bima, Suzuki Carry, Daihatsu Gran Max, serta DFSK supercab.

Baca juga: Harga Pabrik Mobil Esemka Cuma Rp 95 Juta

Presiden Jokowi mencoba mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.Foto: Setpres Agus Suprapto Presiden Jokowi mencoba mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

Dimensi

Bima hadir dengan dua model kendaraan pikap yaitu 1.2 dan 1.3. Keduanya memiliki perbedaan di dimensi dan muatan serta performanya.

Secara detail, dimensi Esemka Bima 1.2 adalah panjang 4.560 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1890 mm, dengan ukuran bak 2.750 mm x 1.600 mm x 460 mm.

Sedangkan Bima 1.3, panjangnya 4.930 mm, lebar 1.720 mm, dan tinggi 1.995 mm dengan dimensi bak 2.970 mm x 1.740 mm x 470 mm.

Pengujian Suzuki Carry pikap di jalur Merapi Kaliurang YogyakartaKompasOtomotif - AFH Pengujian Suzuki Carry pikap di jalur Merapi Kaliurang Yogyakarta

Bila dibandingkan Suzuki Carry (1.400 cc), panjang kendaraan adalah 4.195 mm x 1.675 mm x Tinggi 1.870 mm dengan dimensi bak 2.505 mm x 1.665 mm x 360 mm.

Namun, pikap andalan Suzuki ini memiliki model lain yakni Wide Deck dengan bak yang lebih besar. Tipe ini memiliki dimensi 4.195 mm x 1.765 mm x 1.910 mm dengan besaran bak 2.505 mm x 1.745 mm x 425 mm.

Salah satu model Daihatsu Gran Max Moko yang siap menginspirasi pelaku usaha kecil menengah.PT Astra Daihatsu Motor Salah satu model Daihatsu Gran Max Moko yang siap menginspirasi pelaku usaha kecil menengah.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.