Gaikindo Ajak Esemka Masuk Jadi Anggota

Kompas.com - 06/09/2019, 14:11 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjajal mobil pickup Esemka Bima di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIPresiden Jokowi bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjajal mobil pickup Esemka Bima di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo) Jongkie Sugiarto menanggapi baik kehadiran PT Solo Manufaktur Kreasi ( Esemka) sebagai pemain otomotif baru di Indonesia.

Bahkan, pihaknya membuka lebar agar Esemka bergabung dan berjuang bersama asosiasi otomotif Indonesia tersebut, terlepas dari segala strategi dan produk yang ditawarkannya.

"Tentu kita menyambut baik semua merek yang masuk Indonesia, ini menambah pilihan baru di masyarakat. Kalau ingin bergabung di Gaikindo silahkan saja," kata Jongkie saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Jumat (6/9/2019).

Baca juga: Resmikan Pabrik Esemka, Presiden Jokowi: Ini Merek Kita Sendiri

Presiden Jokowi mencoba mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.Foto: Setpres Agus Suprapto Presiden Jokowi mencoba mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

"Sepanjang sudah mendapat pengakuan dari Kementerian Perindustrian, kita terima dengan tangan terbuka," ujar Jongkie lagi.

Pada kesempatan sama, Jongkie juga menyatakan bahwa menjadi anggota asosiasi otomotif Gaikindo, banyak manfaatnya. Terlebih untuk merek otomotif baru di Indonesia seperti Esemka.

"Kita adalah mitra pemerintah yang bertugas menampung aspirasi anggota dan disampaikan ke pemerintah. Supaya, segala kebijakan menyangkut industri otomotif di dalam negeri bisa berjalan dan sejalan," katanya.

Pabrik ESEMKA diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (6/9/2019)Kompas.com Pabrik ESEMKA diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (6/9/2019)

Baca juga: Esemka Buatan Anak Bangsa, tapi Bukan Mobil Nasional

Setelah lama dinantikan, akhirnya PT Solo Manufaktur Kreasi selaku pabrikan mobil Esemka diresmikan sebagai salah satu industri otomotif di dalam negeri. Peresmian dilakukan langsung oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di pabrik Esemka, Sambi-Boyolali, Jawa Tengah.

Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi Eddy Wirajaya, dalam seremoni peresmian tersebut, menjelaskan kepada Jokowi bila pabrik beserta fasilitas Esemka semuanya dikerjakan oleh anak bangsa.

"Esemka atau PT Solo Manufaktur Kreasi adalah perusahaan nasional yang semua jajaran anak direksinya adalah anak bangsa. Kami juga tegaskan bila mobil yang kami produski bukan lah mobil nasional, tapi mobil yang dibuat anak bangsa," ujar Eddy.

Sebagai awalan, Esemka memilih bermain di segmen kendaraan niaga, dengan menawarkan Esemka Bima, sebagai kendaraan pikap.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X