Rayakan HUT RI dengan Touring, Perhatikan Ini

Kompas.com - 18/08/2019, 07:50 WIB
Aden dan Melky Touring Motor KOMPAS.com/AlexAden dan Melky Touring Motor
|

CIREBON, KOMPAS.com - Menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dengan kegiatan touring masih populer, khususnya untuk para pecinta roda dua. Apalagi pada tahun ini HUT RI jatuh pada akhir pekan.

Namun, jangan sampai kegembiaraan ketika touring mengalahkan rasa waspada akan potensi risiko yang bisa saja muncul. Selalu jaga stamina dan awas terhadap tunggangan kesayangan.

"Khususnya untuk teman-teman yang lanjut touring hingga besok. Saat ini, udara sedang kurang bersahabat, anginnya besar. Jadi jangan sampai perut kosong atau tidak makan. Ketika sakit berkendara tidak akan menyenangkan," kata Samuji dari Komunitas Pelat E StreetFire Cirebon (Plastric) yang sekaligus menjadi Road Captain acara 'CB150R StreetFire Convoi Merdeka' kepada Kompas.com di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2019).

Baca juga: Rayakan 17 Agustus dengan Touring, Komunitas Wajib Jaga Kondisi

Terkait kendaraan, ia menyarankan setiap berhenti lakukan cek pada bagian lampu, kaki-kaki, hingga mesin dan sebagainya. Terutama pada rantai kendaraan karena sering luput dari perhatian, ini khusus untuk motor non-matik.

"Pastikan rantai pada kondisi yang ideal, jangan terlalu kencang ataupun kendur. Karena ketika motor melibas jalanan berlubang, rantai bisa putus atau copot," ujarnya.

Lalu selalu ingat bahwa setiap pengguna jalan memiliki hak dan kewajiban yang sama. Maka jangan egois dalam menggunakan jalanan umum.

"Mengingat jalanan bakal ramai karena hari libur, kurangi menggunakan bendera di jalan dengan kecepatan yang cukup tinggi. Hal ini bisa mendatangkan bahaya karena potensi bendera copot, menghindari pandangan, mengganggu pandangan pengguna jalan lain, dan lain-lain," kata Samuji lagi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X