Rayakan 17 Agustus dengan Touring, Komunitas Wajib Jaga Kondisi

Kompas.com - 16/08/2019, 10:02 WIB
PCX Luxurious Touring PCX Luxurious Touring

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen 17 Agustus yang menjadi hari raya kemerdekaan Republik Indonesia banyak dimeriahkan dengan berbagai cara. Salah satunya yang paling banyak dilakukan komunitas motor adalah melakukan touring.

Sudah jadi agenda oleh beberapa komunitas untuk melakukan touring ke suatu tujuan dan melakukan upacara bendera di sana. Namun, jangan lupa untuk menjaga konsentrasi saat touring.

Baca juga: Darius dan Donna Agnesia Berhasil Touring Sampai Puncak Himalaya

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana, menyarankan, untuk memperhatikan tujuan dan rombongan touring. Selain itu, perhatikan juga konsentrasi dan daya tahan tubuh

"Lakukan istirahat ketika telah mencapai perjalanan selama 1,5 jam sampai 2 jam sebanyak 15 sampai 30 menit. Dengan beristirahat sejenak, maka kondisi tubuh akan kembali fresh," ujar Agus, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: B’Brothers Indonesia Touring Lintasi Malaysia-Thailand

Agus menambahkan, saat beristirahat, usahakan untuk minum dan juga melakukan pemanasan ringan sebelum mulai berkendara kembali. Tujuannya adalah agar aliran darah pada pergelangan tangan dan kaki dapat mengalir dengan lancar.

"Sehingga, oksigen yang dihasilkan ke otak menjadi penuh. Maka, berkendara bisa lebih fokus dan konsentrasi, tidak mengantuk," kata Agus.

Agus menganjurkan untuk melakukan gerakan pemanasan dimulai dari atas kepala hingga kaki dengan gerakan yang tidak diulang-ulang. Cukup lakukan gerakan ringan saja untuk menghindari cedera.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X