Uji Tipe Kendaraan Listrik Bakal Keluar Bulan Depan

Kompas.com - 08/08/2019, 17:54 WIB
Ilustrasi mobil listrik. The GuardianIlustrasi mobil listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Peraturan Presiden (Perpres) mengenai percepatan pengembangan kendaraan listrik sudah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (5/8/2019). Diharapkan, hal ini bisa jadi angin segar bagi orang banyak khususnya industri otomotif.

Demi menjadikannya nyata, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setiadi mengatakan pihaknya telah merampungkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan sebagai landasan hukum uji tipe kendaraan bermotor listrik, guna memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

"Saya sudah membuat draf PM untuk uji kendaraan listrik. Sudah harmonisasi di internal. Rencananya bulan depan (terbit)," kata Budi Setiadi kepada Kompas.com, Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Draft tersebut, lanjut dia, tinggal diharmonisasikan ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan pihak terkait. Baru setelah itu diteken oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga: Perpres Diteken Jokowi, Indonesia Sasaran Investasi Kendaraan Listrik

Beberapa hal yang dibahas di dalam PM tersebut ialah mengenai standarisasi baterai kendaraan listrik, kabel pendukung, struktur kendaraan, dan lainnya. Standarisasi ini mengacu pada Perpres.

"Perbedaan dari uji tipe kendaraan konvensional saya bisa katakan tidak banyak. Hanya saja ada kita menjelaskan secara detil tentang kabel dan baterai serta segala penunjang lainnya," kata Budi.

"Tahun depan akan mulai pengadaan fasilitas untuk uji baterai kendaraan," lanjut dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X