Pembatasan Motor di Jakarta Pernah Diterapkan, Bukan Ganjil Genap

Kompas.com - 05/08/2019, 09:55 WIB
Ilustrasi Jalan MH Thamrin Andri Donnal Putera/ KOMPAS.comIlustrasi Jalan MH Thamrin

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pembatasan motor yang melintas di beberapa ruas jalan di Jakarta akan mulai diterapkan dengan sistem ganjil-genap, sesuai dengan Instruksi Gubernur ( Ingub) Nomor 66 Tahun 2019 yang dikeluarkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sebelumnya, pernah juga aturan ini diberlakukan di Jakarta.

Tahun 2014, Gubernur DKI Jakarta saat itu pernah mengeluarkan Peraturan Gubernur ( Pergub) Nomor 195 Tahun 2014 tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor Pasal 3, yang isinya mengatur pembatasan lalu lintas sepeda motor diberlakukan mulai pukul 06.00-23.00.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap Tidak Bisa Diterapkan pada Motor

Pembatasan lalu lintas sepeda motor ini dilakukan dengan cara melarang sepeda motor untuk melalui lajur atau jalur pada jalan tertentu, seperti Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Barat.

Namun, pada tahun 2015, keluar lagi Pergub Nomor 195 yang mengumumkan perubahan atas Pergub Nomor 141. Pasal yang mengatur mengenai pelarangan bagi sepeda motor untuk melintas di Jalan MH Thamrin sudah dinyatakan tidak berlaku, sesuai dengan putusan dari Mahkamah Agung tahun 2017.

Baca juga: Pahami Aturan Ini Sebelum Terapkan Ganjil Genap Motor

Putusan tersebut menyatakan bahwa Pasal 1 dan Pasal 3 Pergub 195 Tahun 2014 bertentangan dengan perundang-undangan yang lebih tinggi, yaitu Pasal 133 ayat 1 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 199 tentang Hak Asasi Manusia.

Selain itu, bertentangan juga dengan Pasal 5 dan 6 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X