Kompas.com - 22/07/2019, 16:02 WIB
Mitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019. Gilang Satria/Kompas.comMitsubishi resmi masuk ke segmen kendaraan ramah lingkungan dengan memasarkan model baru, Outlander PHEV di GIIAS 2019.

TANGERANG, KOMPAS.com - Mitsubishi Outlander PHEV resmi meluncur di ajang GIIAS 2019. Mobil hybrid yang punya dua mesin, yaitu pembakaran konvensional (internal combustion engine) dan motor listrik itu dibanderol Rp 1, 289 miliar.

Khusus buat baterai yang merupakan catu daya motor listrik diklaim dapat bertahan dalam jangka 1 dekade alias 10 tahun. Namun, waktu tersebut tidak mutlak, semua balik ke kebiasan penguna dalam merawat baterai.

Baca juga: Janji Renault, Harga MPV Murah Triber Rp 100 Jutaan

Boediarto, Department Head Technical Service Sales and Marketing Division, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), mengatakan, cara mudah merawat baterai ialah tidak membiasakan menggunakan pengisian cepat atau fast charging.

Detil produk terbaru dari Mitsubishi di GIIAS 2019, Outlander PHEVKompas.com/Setyo Adi Detil produk terbaru dari Mitsubishi di GIIAS 2019, Outlander PHEV

"Analogi baterai mobil seperti baterai HP. Kalau sekarang fast charging, yang biasanya timbul apa? Panas. Sebelumnya dijelaskan umur baterai ini terkait dengan panas, jadi kalau makin sering fast charging kemungkinan umurnya lebih pendek," kata Boediarto saat peluncuran di GIIAS 2019.

Baca juga: Biaya Servis Berkala DFSK Diklaim Terjangkau

Kendati demikian Boediarto mengatakan, tidak perlu kuatir, sebab pada dasarnya baterai merupakan komponen yang lama diganti (slow moving). Biasakan mengisi daya ulang seperti yang disarankan pabrikan.

"Disarankan normal charging seperti di rumah, misalnya dari kosong sampai penuh 100 persen bisa tujuh sampai delapan jam. Tapi kalau pakai mode fast charging maksimal hanya 80 persen, tidak boleh dari itu," kata Boediarto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.