Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Tidak Berharap Penjualan di GIIAS 2019

Kompas.com - 19/07/2019, 20:22 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) berharap pameran otomotif GIIAS 2019 mampu mendongkrak penjualan kendaraan agar mencapai target tahunan yakni 1,1 juta unit.

Sebab pada semester pertama, penjualan kendaraan terjadi penurunan signifikan sampai 13 persen dibanding tahun 2018. Hal ini diindikasikan karena adanya tahun politik, ketidakpastian suku bunga, serta gejolak nilai tukar rupiah.

Tapi, pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sepertinya tak berharap banyak dengan GIIAS 2019. Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra menyatakan, Daihatsu tidak fokus pada aktifitas penjualan.

Baca Juga : Konsep MPV Hybrid Murah Daihatsu Meluncur di GIIAS 2019

"Kita tidak ada target di GIIAS karena memang tujuannya untuk edukasi. Namun jika ada transaksi tentu membuat kita senang," kata Amelia di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2019).

Berdasarkan data sementara, pada hari pertama Daihatsu mengalami peningkatan penjualan hampir 90 persen. Begitu pula dengan mitranya, Astra Credit Company untuk urusan kredit mobil.

"Pada press day GIIAS 2019 kemarin (Kamis 18 Juli 2019), kita sudah menjual 19 unit. Ada kenaikan dibanding tahun sebelumnya yang hanya 10 unit. Tapi ini masih bersifat sementara, kita lihat saja. Daihatsu tidak berfokus di sana," kata Amelia.

Sebagai informasi, pada GIIAS tahun lalu Daihatsu mengalami penurunan penjualan sebesar 8 persen dibanding tahun 2017. Terios terbaru menjadi tulang punggung Daihatsu saat itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com