Toyota Optimistis Bisa Buat Hybrid Laris di Indonesia

Kompas.com - 19/07/2019, 18:12 WIB
Toyota electricfication day 2019 Toyota electricfication day 2019
Penulis Stanly Ravel
|

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) akan lebih serius meramaikan pasar otomotif Tanah Air dengan produk berteknologi hybrid. Bahkan dalam waktu dekat, ada satu produk Plug-in Hybrid Electric Vehicle ( PHEV) yang siap untuk diluncurkan.

Menurut Senior Managing Coordinator Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing (TDEM) Daisuke Itagaki, mobil dengan teknologi PHEV paling cocok digunakan untuk Indonesia.

"PHEV masih teknologi yang paling pas untuk Indonesia. Selain karena soal infrastruktur, ini juga untuk mempermudah peralihan dan edukasi masyarakat pengguna combustion engine ke kendaraan yang lebih ramah lingkungan," ucap Itagaki, di ICE, BSD, Tangerang, Jumat (19/7/2019).

Baca juga: Toyota Kembali Menggemakan Hybrid di GIIAS 2019

Menurut Itagaki, dengan mengkombinasikan dua tenaga, yakni motor listrik dan mesin konvensional, pengguna mobil hybrid memiliki dua keuntungan besar. Pertama dari segi sisi efesiensi bahan bakar, sedangkan yang kedua soal performa mesin yang lebih bertenaga kerena mengkolaborasikan dua mesin sekaligus.

Tidak hanya itu, dengan bantuan motor listrik yang bekerja pada putaran bawah, otomatis juga bisa mereduksi emisi CO2. Efek lanjutnya, selain bisa mejaga lingkungan lebih bersih, ke depannya juga bisa membantu pemerintah dalam masalah ketergantungan importasi bahan bakar.

Toyota C-HR HybridKOMPAS.com / Aditya Maulana Toyota C-HR Hybrid
"Dengan produk domestik bruto (PDB) per kapita yang terus meningkat, otomatis akan mendorong pertumbuhan jumlah kendaraan di Indonesia yang imbasnya juga membuat impor bahan bakar terus meningkat. Melalui PHEV ini menjadi selangkah lebih dekat ke arah kontribusi mengurangi emisi CO2 serta impor bahan bakar," kata Itagaki.

Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy, juga membeberkan keseriusan Toyota untuk meramaikan mobil ramah lingkungan. Apalagi menurut dia saat ini telah terjadi pergeseran konsumen.

"Tahun ini kita akan luncurkan Toyota PHEV. Bila dari sisi konsumen sebenarnya yang paling siap konsumen kelas atas, namun saat ini juga ada kabar baik karena kaum milenial saat ini sudah sangat banyak yang tertarik untuk membeli mobil hybrid juga, namun memang masih menunggu dan menyesuaikan kemampuan daya beli mereka," ujar Anton.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X