Intip Kecanggihan Kamera Tilang Elektronik

Kompas.com - 16/07/2019, 20:05 WIB
Kendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman. MAULANA MAHARDHIKAKendaraan bermotor melintasi kawasan Thamrin, Jakarta, Rabu (19/9/2018). Poldan Metro Jaya bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk melakukan tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan diuji coba pada Oktober 2018 sepanjang jalur Thamrin hingga Sudirman.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamera CCTV baru yang digunakan untuk mendukung tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement ( ETLE) telah dilengkapi berbagai fitur canggih. Bahkan dapat menangkap secara jelas aktivitas yang dilakukan pengemudi mobil.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Muhammad Nasir menyatakan bahwa kinerja kamera canggih itu bisa membantu petugas dalam menindak pelanggaran lalu lintas secara siginifikan. Terutama untuk penindakkan ganjil-genap.

"Secara konvensional, polisi itu tidak bisa meng-cover seluruh pelanggaran ganjil-genap. Salah satu alasannya adalah lalu lintas jalan yang tak memungkinkan untuk dilakukan tindakan penegakkan hukum, mengingat ganjil-genap ini berlaku di jam sibuk (terlalu macet nantinya). Sehingga ETLE ini bisa membantunya," kata Nasir saat dihubungi Kompas.com, Jakarta, Selasa (16/7/2019).

Baca Juga : Penting, Ini 4 Jenis Pelanggaran yang Kena Tilang Elektronik

Buktinya, lanjut Nasir, elama dua pekan diterapkannya ETLE, sudah ada ribuan pengendara yang ditilang karena melanggar aturan lalu lintas terutama ganjil-genap. Per Sabtu (13/7/2019), sudah ada 5.800 surat tilang pelanggaran lalu lintas di ruas jalan Sudirman-MH Thamrin yang dikirimkan.

"Jarak jangkau kamera ETLE ini bisa sampai 20-30 meter dan menembus kaca film kendaraan. Sehingga terlihat oleh petugas aktifitas apa yang sedang dijalankan," kata Nasir.

Mungkin, jangkauan jarak kamera ETLE ini tak begitu jauh mengingat padatnya kendaraan di Jakarta. Namun dengan penyebaran yang cukup merata saat ini, Nasir menyebut pengendara yang melanggar pasti tertangkap.

Baca Juga : Begini Mekanisme Tilang Elektronik

"Kalau mobil berjejer, benar, kamera akan sulit melihatnya apalagi untuk menindak ganjil-genap. Tapi ETLE ini tersebar di beberapa titik, petugas juga masih berjaga," katanya.

"Kelemahan itu pasti ada karena ini adalah sistem oleh sebab itu akan terus dioptimalkan," ucap Nasir lagi.

Sedangkan pada malam hari, kamera ETLE juga masih tetap bisa 'mengintip' pengemudi yang nakal. Biasanya, saat memeriksa kendaraan kamera akan mengeluarkan sekelebat cahaya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X