Akhir Perjalanan VW Kodok

Kompas.com - 11/07/2019, 19:40 WIB
Edisi produksi terakhir dari VW Beetle Edisi produksi terakhir dari VW Beetle
Penulis Stanly Ravel
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Volkswagen akhirnya memutuskan untuk menghentikan produksi mobil legendarisnya, yakni VW Beetle. Mobil ikonik yang akrab disapa dengan VW Kodok ini kini tinggal sejarah.

Melansir dari Reuters, secara resmi VM menutup produksi Beetle yang dikerjakan di Puebla, Meksiko, Rabu (10/7/2019). Seremoni dilakukan dengan meluncurkan edisi produksi terakhir dari VW Kodok yang dibekali dengan mesin 2.000 cc turbo empat silinder.

Model terakhir yang dibuat ini mengusung konsep desain dari versi ketiga. Dua konsep desain Beetle sebelumnya sempat dibatalkan karena satu dan lain hal. 

Baca juga: Model Baru Audi dan VW Hadir di Semester Dua

Menariknya, edisi terakhir dari sang legendaris VW Kodok ini pun tidak dijual secara konvensional melalui diler, namun dipasarkan di Amazon yang merupakan situs jual-beli online perdagangan multinasional.

Menurut Kepala Eksekutif VW Meksiko Steffen Reiche, penjualan Beetle melalui Amazon menjadi sebuah gambaran bila VW siap untuk menyambut era baru. Seperti diketahui, usai VW Beetle dihentikan, fasilitas pabriknya akan dialihkan untuk memproduksi SUV terbarunya, Tarek.

Edisi produksi terakhir dari VW Beetle Edisi produksi terakhir dari VW Beetle

"Hari ini adalah hari terakhir yang sangat emosional," ucap Reiche yang dikutip dari Reuters.com, Kamis (11/7/2019).

Sayangnya tidak ada informasi lengkap soal kisaran harga yang dipatok untuk edisi terakhir dari VW Kodok tersebut.

Adolf Hitler

Sejatinya VW Beetle memulai debut perdana di dunia otomotif pada 1938. Tujuan diproduksi VW Kodok tak lepas dari peran tangan dingin pemimpin partai Nazi di Jerman, yakni Adolf Hitler atau kerab disapa sang "Fuhrer".

Hitler menugaskan Ferdinan Porsche untuk membangun dan memproduksi mobil yang bisa digunakan untuk semua kalangan. Dalam kata lain VW Kodok sejarahnya dibuat sebagai mobil rakyat, dengan daya tampung dua orang dan sebuah ruang guna membawa barang bawaan.

Edisi produksi terakhir dari VW Beetle Edisi produksi terakhir dari VW Beetle

Beetle pun cukup mendapat sambutan meriah hingga beberapa dekade, bahkan pernah diklaim sebagai sebuah simbol dari kebangkitan ekonomi Jerman usai perang. Sepak terjang Beetle makin mendunia di 1955 ketika unit ke satu jutanya meluncur dari pabrik asalnya di Wolfsburg, Jerman.

Desainnya yang dianggap "funky" juga sukses mengatarkan mobil ini menjadi model impor terlaris di Amerika Serikat pada 1960-an. Beetle juga dijadikan ikon dari generasi "Baby Boom" pascaperang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Reuters
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X