Berapa Harga Bus Listrik Anak Bangsa?

Kompas.com - 03/07/2019, 11:21 WIB
Bus Listrik MAB Bus Listrik MAB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menjalani pengujian dan penyempurnaan, akhirnya PT Mobil Anak Bangsa ( MAB) resmi membuka keran penjualan bus listriknya. Model yang digunakan merupakan prototipe ketiga yang diklaim sudah final dan siap masuk produksi massal.

PT Paiton Energy yang merupakan perusahan listrik swasta, menjadi konsumen pertama yang membeli MAB. Lantas berapa harga jual bus listrik buatan dalam negeri yang diproduksi di Demak, Jawa Tengah, tersebut.

Menjawab hal ini, Staf Manajemen PT MAB Kelik Irwantono, mengatakan kisaran harganya bervariasi, karena tergantung dari spesifikasi dan material yang diminta oleh konsumen.

Baca juga: PPD Siap Beralih ke Bus Listrik

"Kita bicara rentang harganya saja itu sekitar Rp 4 miliar sampai Rp 5 miliar. Itu kondisi standar baterai dan sasis ya," ucap Kelik saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/7/2019).

Bus listrik milik PT Mobil Anak Bangsa.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI Bus listrik milik PT Mobil Anak Bangsa.
Kelik mengatakan harga jual tersebut merupakan banderol untuk bus listrik MAB dengan panjang 12 meter. Bila nanti konsumen meminta spesifikasi tertentu, seperti material bahan yang digunakan, daya baterai, dan lain-lainnya maka akan ada penyesuaian harga lagi.

Paket penjualannya sudah termasuk dengan instalasi charging station dengan daya 120 Kw serta penyediaan layanan purnajual selama lima tahun.

"Kalau untuk harga bus listrik yang dimensinya delapan meter itu beda lagi, dan pasti harga di bawahnya (bus 12 meter)," kata Kelik.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X