Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Dorong Mobil Matik yang Benar

Kompas.com - 21/06/2019, 08:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa perilaku yang lazim dilakukan pada mobil bertransmisi otomatis (matik) kerap berbeda dengan yang konvensional alias manual. Satu diantaranya, ialah tentang tata cara penanganan saat mogok.

Pada mobil matik, terdapat pompa hidrolik yang akan hanya aktif berkerja untuk menyemburkan oli ketika mesin mobil hidup. Dalam artian, saat mobil dalam keadaan mati atau mogok, komponen seperti transmisi tidak akan dilumasi oleh oli.

"Sehingga, bila roda penggerak mobil matik jalan yang mana transmisinya juga otomatis ikut berputar (karena ada dorongan/diderek), maka akan mengakibatkan kerusakan. Sebab, transmisi berkerja secara paksa, tidak dilumasi terlebih dahulu," kata Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Namun, bukan berarti mobil matik benar-benar tidak bisa ditangani saat mogok. Anjar juga menjelaskan bahwa sejatinya mobil matik juga bisa didorong asalkan dilakukan dengan benar.

Baca Juga : Penting Pelajari Fungsi Tuas Transmisi Mobil Matik

"Tata cara yang benar untuk dorong atau derek mobil matik itu yakni ban roda penggerak harus terangkat. Towing ke bengkel resmi terdekat," ujar dia.

Senada dengan Anjar, dalam keterangan resminya Chinto Adiputera selaku Supervisor Bussines Area Sales Department Retail Division PT Astra Otoparts, juga mengungkapkan bahwa mobil matik yang mogok harus segera dibawa ke bengkel resmi terdekat. Hanya saja, dalam keadaan darurat dirinya tak mempermasalahkan mobil didorong secara manual (tanpa bantuan towing). 

"Kalau memang jarak dekat atau sekadar memindahkan mobil ke bahu jalan boleh saja menggunakan posisi transmisi N. Untuk kecepatan mobil sendiri (saat didorong maupun diderek), jangan melebihi 30 km/jam. Lalu towing dan segera ke bengkel resmi terdekat," kata dia.

Baca Juga : 3 Faktor Penyebab Kampas Rem Mobil Matik Cepat Menipis 

Sesampainya di bengkel resmi, jangan lupa untuk melaporkan bahwa mobil sudah sempat didorong ataupun diderek. Sehingga petugas bisa langsung melakukan pengecekan dan pencegahan komponen yang berpotensi rusak seperti planetary gear dan converter torque.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com