Perfoma dan Pengendalian Peugeot Metropolis 400

Kompas.com - 03/06/2019, 09:02 WIB
Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbeda Kompas.com/Setyo AdiPeugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbeda

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah bahasan eksterior desain dan fitur-fiturnya, kali ini pembahasan terakhir mengenai bagaimana impresi berkendara Peugeot Metropolis 400. Meski terlihat mudah, berkendara skutik roda tiga memang memerlukan penyesuaian cara berkendara.

Penyesuaian dilakukan karena penggunaan motor ini mayoritas dimulai dan diakhiri oleh sistem tilt wheel untuk memudahkan pengendalian. Bergerak dengan roda tiga harus tetap merasakan pengendalian seperti layaknya motor roda dua dan sistem tilt wheel inilah yang memegang peranan penting.

Ketika kondisi diam, pengendara wajib mengaktifkan fitur tilt wheel tersebut di setang kemudi sisi kanan. Ini akan membuat suspensi kedua roda di depan terkunci dan pastikan motor dalam kondisi tegak. Hasilnya motor dapat berdiri tegak tanpa memerlukan standar.

Saat bergerak, tilt wheel dapat di non aktifkan dengan dua cara. Cukup putar gas untuk melaju dan sistem ini akan mati otomatis di saat kecepatan melebihi 5 kpj atau menonaktifkan melalui tombol di sisi kanan kemudi untuk kemudian mulai bergerak maju.

Astra Peugeot Belum Pilih Opsi CKD

Saat awal menggunakan motor ini, pilihan menonaktifkan sebelum bergerak jadi yang kerap digunakan. Pasalnya, kebiasaan menurunkan kedua kaki seperti di motor roda dua sulit dihilangkan.

Perhatian juga diberikan untuk keamanan saat tilt wheel di non aktifkan, pengendara wajib bersiap menurunkan kaki untuk memastikan motor dengan berat 256 kilogram tersebut dalam posisi tegak. Jika tidak, motor ini masih dapat terjatuh dan pastinya pengendara akan kesulitan untuk mengangkat motor ini.

Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbedaKompas.com/Setyo Adi Peugeot Metropolis Allure 400 tawarkan skutik perkotaan dengan feeling berkendara yang berbeda

Performa mesin

Mesin Powermotion 4-tak SOHC 4 katup berkapasitas 400 cc menghasilkan tenaga 35,6 tk pada putaran 7.200 rpm dan torsi 38,1 Nm pada putara 5.750 rpm. Mesin ini dalam kondisi diam suaranya cukup kencang namun saat mulai berjalan kebisingan suara tersebut hilang.

Sistem transmisi CVT skutik ini juga cukup nyaman menyalurkan tenaga mesin. Dari masing-masing mode berkendara dimana sistem traction controlnya dibagi menjadi tiga (off/sport/urban) memiliki perbedaan penyaluran tenaga saat aktif.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X