Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Panoramic Roof" Hilang di Serena Terbaru, Ini Alasan Nissan

Kompas.com - 17/04/2019, 09:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nissan Serena terbaru telah diperkenalkan Februari lalu. MPV ini hadir dengan beberapa pembaruan dari model lama serta penyesuaian dari model di Jepang.

Salah satunya adalah fitur panoramic roof yang ditiadakan di Indonesia. Padahal rival selevel, Toyota Voxy sudah menawarkan fitur ini untuk konsumen di Indonesia.

Hal ini diakui Senior Manager R&D PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Jauhari Adzannis dilakukan sesuai dengan hasil studi yang dilakukan Nissan sebelum mendatangkan Serena terbaru.

"Mobil ini kami desain berdasarkan keinginan konsumen. Studinya sudah lama dan yang terpenting menurun konsumen Indonesia adalah sisi entertainment atau hiburan. Itu sebabnya kami memberikan roof monitor di Serena terbaru. Itu pertimbangannya," ucap Jauhari saat ditemui Senin (15/4/2019).

Baca juga: All New Serena, Performa MPV Baru Nissan

All New Nissan Serena saat media tes drive Senin (15/4/2019). MPV terbaru Nissan ini hadir dengan beragam fitur terbaruKompas.com/Setyo Adi All New Nissan Serena saat media tes drive Senin (15/4/2019). MPV terbaru Nissan ini hadir dengan beragam fitur terbaru

Dari hasil studi tersebut, Jauhari menjelaskan bahwa fitur sunroof dinilai tidak terlalu cocok diterapkan di Indonesia. Ini karena cuaca yang berbeda dengan negara asal produksi Serena, Jepang.

"Kalau di Indonesia, cuacanya panas. Jadi kurang cocok diterapkan di mobil keluarga," ucap Jauhari.

Pada model sebelumnya, Nissan sudah memberikan fitur panoramic roof sebagai bawaan Serena. Hilangnya fitur ini dikompensasi Nissan dengan menghadirkan beragam fitur hiburan dan keamanan untuk ditawarkan pada calon konsumen mereka.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com