Tips Mudik dari Kakorlantas Polri

Kompas.com - 28/05/2019, 15:22 WIB
Ilustrasi mudik dengan mobil pribadi kompasiana.comIlustrasi mudik dengan mobil pribadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari lagi, puncak arus mudik diperkirakan akan terjadi. Sebelum berangkat, Kepala Korps Lalu Lintas Polri Inspeltur Jenderal Refdi Andri mengimbau beberapa hal kepada masyarakat agar perjalanannya menjadi menyenangkan.

"Rencanakanlah perjalanan itu dengan sangat baik. Artinya, waktunya dikelola, jaraknya diketahui, kemudian halangan-halangannya diketahui. Kemudian, waktu tempuhnya juga diketahui," ujar Refdi, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Agar Aman, Sebaiknya Mudik Berangkat Siang atau Malam Hari?

Refdi menambahkan, jangan lupa untuk mempersiapkan kesehatan dengan sangat baik. Demikian juga dengan kendaran yang ingin digunakan, masyarakat diminta untuk benar-benar memastikan mobil sudah memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan.

Mobil harus lengkap dengan segala peralatan dan perlengkapannya, serta dokumen-dokumen seperti SIM, STNK, dan lainnya.

Baca juga: 5 Jurus Mudik Aman dari Daihatsu

"Kemudian pada saat berangkat, betul-betul kita bisa memastikan tangki bahan bakar itu dalam keadaan penuh sejak awal. Ketika bergerak pada ruas tol, pastikan kartu elektronik memadai saldonya, karena pergerakan panjang dan jauh tentu juga butuh saldo yang banyak," kata Refdi.

"Mengemudilah pada saat kondisi prima. Pada saat ngantuk atau lelah, silakan istirahat di tempat yang memadai. Kemudian silakan mengemudi lagi ketika badan sudah benar-benar pulih kembali," tuntasnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X