Platform TNGA Toyota Tunggu Waktu Peraturan LCEV

Kompas.com - 24/05/2019, 14:22 WIB
Pabrik Toyota Australia. Motoring.com.auPabrik Toyota Australia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN) mengungkapkan pada waktunya mereka akan mulai memproduksi platform baru untuk menyambut era industri kendaraan ramah lingkungan. Saat ini Toyota sudah menyiapkan Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk produk-produk ramah lingkungannya.

Lantas kapan waktunya? Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono mengungkapkan produksi TNGA akan sejalan dengan kehadiran mobil-mobil listrik.

“Produk ke depan kita itu pasti masuk TNGA. Tapi timing-nya akan in line dengan elektrifikasi. Jadi pada saat kita perkenalkan electric vehicle pada saat itu juga kita akan perkenalkan TNGA,” ucap Warih saat ditemui Kamis (23/5/2019).

Warih mengungkapkan semua itu akan terlihat pada saat peraturan mengenai kendaraan ramah lingkungan atau Low Cost Electic Vehicle (LCEV) mulai diberlakukan . Saat ini peraturan tersebut belum juga dihadirkan pemerintah meski pembahasannya sudah memakan waktu beberapa lama.

C-HR Mahal karena TNGA

“Jadi kita sudah menyiapkannya. Pada saat nanti ketentuannya berlaku, diharapkan kita sudah siap. Kalau bicara waktu, entah 2021 atau 2022, kita lihat. Pasti butuh waktu, kalau kita dulu tidak mungkin, namanya mendahului,” ucap Warih.

Pada waktunya produk yang akan hadir akan mengikuti tren yang ada. Warih meyakini model MPV dan SUV jadi salah satu yang akan diproduksi pertama kali.

“Jadi harus produk yang diterima market, kompetitif dulu. Semua negara begitu, Indonesia mau ke MPV lalu SUV ya kita akan fokus ke situ,” ucap Warih.

TNGA adalah platform yang dirancang Toyota untuk memenuhi efisiensi membangun sebuah produk. Sebelum ada TNGA, Toyota punya 100 bentuk modifikasi platform dan 800 pilihan sistem gerak.

TNGA hanya butuh lima layout untuk mengakomodiasi semua opsi tersebut, menjangkau mobil sport kecil sampai SUV besar. Keuntungan dengan TNGA, Toyota punya standar baru dan efisien menciptakan model baru.

Model pertama Toyota dengan TNGA adalah generasi keempat Prius pada 2015, kemudian disusul C-HR, Corolla, Rav4, Crown, Lexus LS, Lexus ES dan UX. Setengah jumlah model Toyota akan menggunakan TNGA pada 2020.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X