Mudik Lewat Cipali-Brebes, Waspada Jalan Bergelombang

Kompas.com - 23/05/2019, 14:02 WIB
toyota Fortuner melintasi Tol Cipali dalam Merapah Trans Jawa 4.0 2019Kompas.com toyota Fortuner melintasi Tol Cipali dalam Merapah Trans Jawa 4.0 2019

PEKALONGAN, KOMPAS.com - Bagi pemudik yang akan mengarah ke Jawa Tengah atau Jawa Timur melalui jalur Tol Trans Jawa, diharapakan berhati-hati ketika mengendarai mobil, terutama di malam hari.

Menurut pengawasan Kompas.com saat melintasi ruas tersebut dalam ekspedisi Merapah Trans Jawa 4.0 2019, masih banyak permukaan jalan di ruas Cipali yang bergelombang, bahkan beberapa diantaranya ada yang terlihat tambal sulam.

Sementara lepas dari Cipali menuju Brebes Barat, tepatnya sampai Km 262 yang akan jadi titik terakhir penerapan sistem one way, awak redaksi juga masih menemui beberapa jalan yang masih dalam pengerjaan perbaikan serta kondisi bergelombang.

Baca juga: Penampakan Gerbang Tol Cikampek Utama, Beroperasi Hari Ini

Permukaan pada ruas-ruas sambungan jalan posisinya cenderung naik, jadi ketika dilintasi dalam kecepatan tinggi mobil akan sedikit terasa melompat. Hal ini wajib menjadi catatan bagi pemudik untuk selalu menjaga kecepatan kendaraan dan waspada, terutama saat berkendara malam hari.

Brebes Barat, jadai titik akhir one way saat mudik 2019. Brebes Barat, jadai titik akhir one way saat mudik 2019.
Pastikan juga lampu pada kendaraan berfungsi dengan baik, karena berdasarkan pengalaman Kompas.com setelah melewatinya di malam hari, sepanjang ruas tersebut bisa dibilang minim dengan penerangan jalan.

Sementara untuk fasilitas lainnya, seperti rambu lalu lintas, marka jalan, dan mata kucing sudah tersedia cukup baik. Begitu juga dengan rest area, mulai dari tipe A dan B sudah sudah mulai beroperasi, bahkan pada rest area tipe B sudah ada yang dilengkapi dengan pom bensin mobile dari Pertamina.



Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X