Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Spesifikasi Kawasaki KLX 230 Terbaru

Kompas.com - 23/05/2019, 13:42 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memperkenalkan KLX 230,  di Jakarta Fair Kemayoran, Rabu (22/5/2019). Sepeda motor dual purpose ini diklaim bertenaga, ringan, dan mudah bermanuver.

“Kawasaki pada 2009 pertama kali menawarkan produk motor offroad. Kini kami hadir dengan tenaga dan desain terbaru mengadaptasi dari desain KX series. KLX 230 diciptakan untuk para pengendara yang memiliki hobi berkendara di meda di luar aspal,” ucap Line Head Marketing PT KMI Sucipto Wijono Sutjiawan saat perkenalan produk.

Dari lembar spesifikasi, motor ini memiliki dimensi panjang 2.105 mm, lebar 835 mm, dan tinggi 1.165 mm. KLX 230 memiliki ukuran wheelbase 1.380 mm, tinggi jok 885 mm, ground clearance 265 mm dengan berat 133 kilogram dan tangki bahan bakar sebanyak 7,5 liter.

Kawasaki mengungkapkan perlu waktu dua tahun untuk menciptakan motor ini, termasuk mesin 233 cc satu silinder SOHC berpendingin udara yang dipasangkan dengan transmisi enam percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 19 ps pada 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm pada 6.100 rpm.

Baca juga: Debut Dunia, Kawasaki Perkenalkan KLX 230

Kawasaki Motor Indonesia luncurkan KLX 230 dalam world premiere di PRJ 2019Kompas.com/Setyo Adi Kawasaki Motor Indonesia luncurkan KLX 230 dalam world premiere di PRJ 2019

Mesin ini digambarkan memberikan torsi dengan rentang low-mid yang kuat. Sistem injeksi bahan bakarnya menghasilkan respons yang mudah diatur.

Rangkanya masih menggunakan model diamond frame seperti produk offroad Kawasaki lain. Kawasaki mengklaim penggunaan sasis dan dipadukan dengan mesin ringkas SOHC membuat pengendaraan motor ini tidak menyulitkan di berbagai kondisi jalan.

Dari wilayah kemudi, KLX 230 sudah menggunakan instrumen digital. Panel ini terdapat speedometer, odometer, dual trip meter, pengukur bensin, jam, dan indikator lampu. 

Kawasaki memasukkan desain KX yang terlihat pada jok dengan flat style design. Ini digunakan untuk memberikan kebebasan bergerak saat berkendara serta jok lebar untuk kenyamanan.

KLX 230 menggunakan ban depan berdiameter 21 inci dan ban belakang 18 inci untuk peningkatan performa trail riding. Suspensi depan teleskopik berdiameter 37 mm dan belakang unitrak 223 mm untuk kemampuan grip di tanah dan menyerap entakan dengan baik.

Kawasaki Motor Indonesia luncurkan KLX 230 dalam world premiere di PRJ 2019Kompas.com/Setyo Adi Kawasaki Motor Indonesia luncurkan KLX 230 dalam world premiere di PRJ 2019

Meski baru meluncur, Kawasaki sudah menyediakan aksesori untuk motor ini seperti skid plate, cover frame, cover hand, fat type handlebar, handlebar pad, pelek berwarna gelap, pengunci helm, dan rear carrier.

Kawasaki menawarkan KLX 230 dalam dua varian yakni stander dan Special Edition (SE). Versi stander ditawarkan dalam dua warna yakni hijau dan hitam sedangkan versi SE hadir dalam balutan warna oriental blue dan firecracker red.

Selama masa perkenalan hingga 30 Juni mendatang, Kawasaki menawarkan KLX 230 varian standar dengan banderol Rp 39,9 juta sedangkan varian SE Rp 42,3 juta. Harga normal kedua varian ini adalah Rp 42,5 juta dan Rp 44,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com