Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya, Jangan Bonceng Anak di Jok Depan Motor

Kompas.com - 20/05/2019, 13:41 WIB
Aditya Maulana

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang tua yang membonceng anak kecil di bagian jok depan sepeda motor. Mulai sekarang, hindari kebiasaan buruk itu, karena sangat berbahaya buat diri sendiri dan juga untuk pengguna jalan lain.

Bahkan, polisi dan juga pakar keselamatan berlalu lintas sudah kerap kali mengimbau agar pengendara motor tidak membonceng anak di jok depan.

Seperti dijelaskan oleh Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu. Menurut dia, apa pun jenis transmisi motor tersebut, menempatkan anak kecil di jok depan sangat tidak dibenarkan dalam aspek keselamatan berlalu lintas.

"Jangan melihat penyebab langsungnya. Dalam konteks kecelakaan ini, membawa anak kecil dan ditaruh di depan adalah bentuk kelalaian fatal yang tidak dapat ditoleransi baik pada norma safety maupun legal hukum," kata Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mudik Pakai Motor dengan Beragam Risikonya

Jusri melanjutkan, jika membonceng anak kecil, pengendara disarankan untuk menempatkannya di jok belakang. Namun dengan catatan, kaki si anak sudah dapat menyentuh pijakan kaki dengan optimal.

"Kalau kedua kakinya belum dapat menyetuh pijakan kaki dengan optimal, maka tidak direkomendasikan. Sebab, si anak akan rentan keseimbangannya dan ini membahayakan," ujar Jusri.

Salah satu dampak fatalnya, yaitu tidak sedikit kejadian anak yang terpelanting dari motor karena ketika akan diturunkan anak itu secara tidak sengaja memegang gas, karena kondisi mesin masih menyala alhasil jatuh bersama motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com