Kompas.com - 09/05/2019, 16:22 WIB
Seorang pengendara motor melintasi genangan air di Jalur Pantura Kilometer 14,  Onggorawe, Sayung, Selasa (9/4/2019) KOMPAS.com/ARI WIDODOSeorang pengendara motor melintasi genangan air di Jalur Pantura Kilometer 14, Onggorawe, Sayung, Selasa (9/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Berpuasa seharusnya tidak menghalangi aktivitas, termasuk dalam mengendarai sepeda motor. Meski begitu memang butuh cara tersendiri sebab kondisi tubuh saat berpuasa berbeda dengan hari-hari biasa.

Seperti diketahui mengendarai motor merupakan kegiatan penuh risiko. Pengendara motor harus menguasai banyak aspek karena tantangan di jalan raya cukup banyak. Kurang konsentrasi karena turunnya kondisi tubuh bisa berbahaya.

Baca juga: Tips Ringan Rawat Sil Sokbreker Depan di Musim Hujan

Agus Sani, Head of Safety Riding Wahana, Main Dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang, mengatakan, tips supaya tetatp bugar mengendarai motor saat berpuasa yaitu dengan menjaga pola hidup yang benar.

"Usahakan untuk tidak berkendara saat cuaca sedang panas terik, dan selalu gunakan riding gear yang aman dan nyaman sehingga tubuh menjadi lebih rileks saat berkendara," kata Agus kepada Kompas.com, Kamis (9/5/2019).

Baca juga: Tips Mencuci yang Benar Tanpa Membuat Bodi Mobil Baret

Agus mengatakan tips agar tetap fit berkendara saat puasa, yaitu makan sahur dengan gizi yangg cukup serta konsumsi multivamin atau suplemen tubuh agar kondisi tubuh selama berpuasa tetap terjaga.

"Istirahat atau tidur yang cukup dan setelah sahur usahakan untuk melakukan aktivitas atau olahraga ringan sebelum mulai berkendara, lalu usahakan untuk tidak berkendara saat cuaca sedang panas terik," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.