Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah yang Bikin Quartararo Gagal Finis di GP Jerez 2019

Kompas.com - 06/05/2019, 13:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Awal yang baik bagi Fabio Quartararo harus berakhir anti klimaks. Meski berhasil menjadi yang tercepat di kualifikasi dan meraih pole position di MotoGP Jerez 2019, pebalap Petronas Yamaha SRT itu gagal finis karena kendala teknis.

Pebalap pendatang baru itu gagal menyelesaikan balapan di Jerez karena Yamaha YZR-M1 tidak dapat melakukan perpindahan gigi. Hal itu terjadi di lap ke-14 saat dia mulai mengejar Marc Marquez yang tak terkejar rombongan belakang.

Baca juga: Kejutan Pebalap Rookie Quartararo di MotoGP

“Balapan sangat bagus. Saya merasa sangat baik di atas motor. Luar biasa balapan bersama para pebalap top. Itu masalah teknis kecil pada perpindahan gigi. Sesuatu yang sangat kecil, tetapi harus dibayar mahal. Saya tidak bisa memindahkan gigi. Saya macet di gigi ketiga. Saya kemudian masuk pit. Tidak ada yang bisa dilakukan pada saat itu," ucap Quartararo seperti dilansir laman motorsport.com, Senin (6/5/2019).

Kendati kecewa dengan hasil balap kali ini, anak didik Valentino Rossi itu cukup terobati bahwa dia dan tim sudah melakukan pekerjaan yang terbaik. Kendala teknis merupakan hal di luar kendali siapapun, Quartararo mengatakan bakal melakukan hal sama di balapan berikutnya.

Awal yang baik bagi Fabio Quartararo harus berakhir anti klimaks. Foto: Istimewa Awal yang baik bagi Fabio Quartararo harus berakhir anti klimaks.

“Karena kami dapat menantang untuk posisi yang sangat bagus dan ketika Anda melihat kecepatan saya selama akhir pekan, kami kencang. Saya tetap senang pada saat ini. Saya memang tidak podium, tidak lima besar, tetapi saya memetik banyak pengalaman,” katanya.

Baca juga: Suzuki Patahkan Dominasi Honda, Ducati, dan Yamaha di MotoGP

Di atas kertas, Quartararo sangat berpeluang podium di MotoGP Jerez 2019 jika tidak mengalami kendala teknis. Selepas start, awalnya berjalan baik-baik saja. Meski kehilangan posisi pertama, dia tetap berada di tiga besar, di belakang rekan setim Franco Morbidelli dan Marquez.

Ketika balapan memasuki putaran ke-11, Quartararo berhasil menyalip Morbidelli dan berada di urutan kedua. Dia kemudian mulai memburu Marquez, namun selang tiga lap, dia dihantam masalah teknis tidak dapat melakukan perpindahan gigi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com