Suzuki Patahkan Dominasi Honda, Ducati, dan Yamaha di MotoGP

Kompas.com - 15/04/2019, 07:42 WIB
Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, menjalani latihan bebas di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar, 8 Maret 2019. AFP/GIUSEPPE CACACE Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, menjalani latihan bebas di Sirkuit Losail pada MotoGP Qatar, 8 Maret 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri ketiga MotoGP 2019 menjadi titik bangkit tim Suzuki Ecstar. Alex Rins berhasil merebut podium pertama pada GP Amerika yang berlangsung di Circuit of The Americas (COTA), Austin, Minggu (14/4/2019).

Pencapaian tersebut tidak mudah diraih oleh Rins. Pebalap jagoan Suzuki yang berkebangsaan Spanyol itu harus bersaing ketat dengan Valentino Rossi.

Terutama ketika empat putaran menjelang balapan usai. Rins berhasil mendahului The Doctor dan mengunci posisi pertama sampai menginjak garis finis.

Entah ini sebagai keberuntungan atau bukan, tetapi yang jelas hasil tersebut sekaligus pencapaian terbaik Suzuki karena terakhir podium pertama pada 2016 di GP Inggris.

Baca juga: Sengit, Rins Asapi Rossi di GP Amerika

Ketika itu Maverick Vinales masih menjadi pebalap jagoannya sebelum pindah ke Yamaha. Bukan tidak pernah podium, finis urutan kedua dan ketiga masih bisa diraih oleh tim tersebut selama masa kepergian Vinales.

Tercatat, Suzuki sudah mengantongi 11 podium sejak kemenangan Vinales di Silverstone pada 2016. Rinciannya, tujuh kali podium urutan ketiga, dan empat kali jadi runner-up. Akhirnya, di seri ketiga 2019, Suzuki bisa menjadi pemenang.

Cal Crutchlow dan Alex Rins menyaksikan perayaan juara Marc Marquez pada GP Jepang, 21 Oktober 2018. AFP/MARTIN BUREAU Cal Crutchlow dan Alex Rins menyaksikan perayaan juara Marc Marquez pada GP Jepang, 21 Oktober 2018.

Hasil tersebut cukup mematahkan dominasi Honda, Ducati, dan Yamaha. Ketiga tim pabrikan tersebut selalu tampil gemilang disetiap seri, namun kali ini Rins mencoba bangkit.

Rins pada awal tahun ini sempat mengunggah status di media sosial, yang menyatakan dia sudah tidak sabar ingin mulai balapan karena kondisinya sudah fit dan ubahan pada motornya juga membuat percaya diri menjalani musim 2019.

Usai GP Amerika 2019 ini, Rins berhasil menduduki urutan ketiga klasemen sementara dengan raihan 49 poin. Posisi tersebut satu level di atas Marc Marquez yang merosot ke urutan empat dan hanya punya 45 poin.

Pebalap di atas Rins ada Andrea Dovizioso yang menjadi pemimpin klasemen sementara dengan 54 poin, sementara posisi kedua dihuni Valentino Rossi 51 poin.

Baca juga: Rossi Geser Marquez di Klasemen Sementara MotoGP 2019

Hasil MotoGP 2018, pencapaian Rins juga tidak tergolong buruk. Dia berada di urutan kelima dengan total poin 169. Bagimana dengan MotoGP musim 2019 ini? Menarik untuk dinantikan gebrakan dari tim Suzuki Ecstar tahun ini.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X