Berapa Biaya Ubah Status Warna Kendaraan di STNK?

Kompas.com - 12/04/2019, 16:42 WIB
Warna cat merah menyala jadi perhatian saat di jalan. Febri ArdaniWarna cat merah menyala jadi perhatian saat di jalan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemilik mobil atau sepeda motor yang sudah mengganti warna cat, jangan lupa untuk melapor kepada polisi. Tujuan utama, agar status warna sebelumnya diganti dengan kelir baru.

Jika tidak diganti, maka polisi berhak melakukan tindakan tilang. Pelanggar akan dikenakan denda maksimal Rp 250.000 atau kurungan satu bulan.

Salah satu pertanyaan yang ada di benak masyarakat, yaitu kira-kira berapa biaya ubah warna cat di surat tanda nomor kendaraan ( STNK) dan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB)?

Menurut AKBP Sumardji, Kasubdit Regident Polda Metro Jaya tidak mahal, karena hanya membayar PNBP STNK. Pemilik kendaraan tersebut tidak akan dibebankan biaya lain lagi selain itu.

"Jadi cukup datang ke Samsat, dengan membaya lengkap semua persyaratan saja dan membayar PNBP STNK-nya saja. Besarannya tergantung jenis kendaraan," kata Sumardji ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (11/4/2019).

Baca juga: Begini Proses Urus Surat Kendaraan Jika Ganti Warna Cat

Sumardji menjelaskan, persyaratan yang wajib dibawa seperti data diri berupa kartu tanda penduduk (KTP), STNK, dan BPKB dari kendaraan yang akan diganti warnanya itu.

"Nanti akan dibantu oleh petugas di Samsat, kita cukup bilang mau ubah warna cat kendaraan. Data semuanya harus asli dan lengkap sesuai dengan pemilik kendaraannya," ucap dia.

Prosesnya kata dia juga tidak lama, untuk STNK bisa langsung jadi, Begitu juga dengan BPKB, karena prosesnya sangat mudah dan tidak mahal.

"Jadi kalau yang ganti warna harus langsung mengubahnya jangan menunda-nunda," ujar Sumardji.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X