Bridgestone Belum Mau Jualan Ban Motor

Kompas.com - 10/04/2019, 12:25 WIB
Berbagai tipe ban merek Bridgestone. Kompas.com/Alsadad RudiBerbagai tipe ban merek Bridgestone.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) selama ini hanya fokus menjual ban untuk kendaraan roda empat atau lebih. Pasar otomotif, khususnya mobil yang mencapai 1 jutaan unit per tahun itu dianggap sudah menguntungkan bagi perusahaan.

Padahal jika dibandingkan dengan penjualan sepeda motor, secara jumlah lebih menggiurkan. Sebab, dalam satu tahun penjualan motor baru di Indonesia mencapai 6 jutaan unit.

Meski begitu, perusahaan ban asal Jepang itu masih belum tertarik atau serius menggeluti pasar ban untuk motor di Tanah Air. Selama ini hanya memasok merek Battlax sebagai original manufacturer equipment/OEM) ban untuk pabrikan tertentu.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Jalan Beton Bikin Ban Mudah Pecah?

"Jadi status kami di sini hanya pengimpor saja, untuk memasok kepada Harley-Davidson dan BMW Motorrad," ucap Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia Yuichi Asaoka di Jakarta belum lama ini.

Ditemui di tempat sama, President Director BTI Akihito Ishii menjelaskan, secara pasar sepeda motor cukup besar jika dibandingkan mobil, tetapi pemain atau merek yang menjual ban motor pun cukup banyak.

"Persaingan di segmen itu juga cukup keras. Kalau kami masuk pun kurang bisa bersaing," kata dia.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X