Toyota Dukung Insentif pada Program Kendaraan Listrik

Kompas.com - 01/04/2019, 08:02 WIB
Toyota Prius Plug-In Hybrid. KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRIToyota Prius Plug-In Hybrid.

JAKARTA, KOMPAS.com - Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Kendaraan Listrik, hanya memihak pada kendaraan listrik berbasis baterai (Bettery Electric Vehicle/BEV). Sebagai bukti, terdapat beberapa pemberiaan insentif untuk konsumen dan produsen yang menjual dan membeli kendaraan model itu.

Sebagai contoh, pembeli tidak akan dibebankan pajak tahunan, hingga insentif lainnya bagi sektor industri, layaknya keringanan atau pembebasan impor kendaran atau komponen KBL, baik dalam bentuk completley knocked-down (CKD) atau incompletely knock-down (IKD).

Menurut Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, langkah itu sudah benar, dan seharusnya memang seperti itu jika ingin meningkatkan atau merangsang pasar.

"Jadi jangan tanggung-tanggung, insentif itu harus diberikan mulai dari hulu hingga ke hilir," ujar Soerjopranoto ketika ditemui Kompas.com belum lama ini di kawasan Jakarta Pusat.

Baca juga: Amunisi Suzuki Indonesia untuk Ikut Program Kendaraan Listrik

Pria yang akrab disapa Soerjo itu melanjutkan, contoh lain misal agen pemegang merek (APM) yang merakit lokal atau impor sama-sama diberikan keringanan, agar mau menjual mobil sejenis itu di Indonesia.

"Kalau tidak punya pabrik, mungkin skema impornya dipermudah lagi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi kalau insentifnya yang final seperti itu, tidak jadi masalah juga yang penting menguntungkan buat konsumen dan juga pabrikan," kata Soerjo.

Bentuk penawaran lain, terutama untuk konsumen kata Soerjo bisa juga dengan memberikan fasilitas parkir gratis untuk kendaraan hemat energi atau ramah lingkungan, ganjil-genap diperbolehkan, dan lain sebagainya.

"Maksud saya hal yang seperti itu yang bisa meningkatkan atau menggairahkan pasar. Sehingga tujuan pemerintah juga tetap bisa tercapai," ucap dia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X