Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kena Pajak 3 Persen, Harga "Mobil Murah" Honda Makin Mahal

Kompas.com - 21/03/2019, 15:13 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) merupakan salah satu merek yang ikut program Kendaraan Bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2) atau yang dikenal dengan sebutan low cost green car (LCGC). Model jagoannya, yaitu Brio Satya.

Pemerintah melalui Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto telah mengeluarkan rencana pengenaan pajak kendaraan berdasarkan emisi. Salah satunya, LCGC mendapatkan tambahan pajak tiga persen dari sebelumnya yang tidak mendapatkan pajak.

Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy mengatakan, efek yang paling besar otomatis harga jualnya menjadi tidak murah lagi, karena akan mengalami kenaikan.

Baca juga: Toyota Tak Masalah Bila LCGC Kena Tambahan Pajak

"Awal-awal pastinya akan terjadi penurunan penjualan di segmen LCGC ini, karena harganya jelas menjadi lebih mahal," ucap Jonfis di acara media test drive Brio di Sirkuit Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (20/3/2019).

Meski begitu, Jonfis pun tidak mau berandai-andai terlalu jauh karena peraturannya sendiri belum jelas. Namun dia sudah bisa membaca bahwa akan diarahkan ke kendaraan listrik ataupun hibrida.

"Jadi kita harus tahu dulu detailnya seperti apa, karena kalau tidak akan sulit. Paling mungkin, efeknya ke harga jual dari produknya itu sendiri," ucap Jonfis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com