Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siap Produksi Lokal Hibrida di Indonesia

Kompas.com - 11/03/2019, 08:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) sebagai prinsipal atau induk perusahaan, sudah menyatakan bahwa Toyota tidak keberatan untuk melakukan produksi lokal mobil berteknologi hybrid di Indonesia. Hanya saja, masih harus menunggu peraturan dari pemerintah.

Merek otomotif asal Jepang itu masih menunggu regulasi atau aturan dari pemerintah terkait program Low Carbon Emission Vehicle (LCEV).

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmy, mengatakan, apabila mengutip dari pernyataan Presiden TMC Akio Toyoda, maka prinsipal pun tidak masalah memberikan kewenangan kepada Toyota Indonesia untuk merakit lokal mobil hibrida.

"Apabila pemerintah mewajibkan, maka kita siap. Tentunya kami juga masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait peraturan itu," ujar Anton pekan lalu di kawasan Jakarta Pusat.

Baca juga: Hasil Riset PTN Sebut Hybrid dan PHEV Ideal untuk Indonesia

Anton melanjutkan, meski sudah berkomitmen seperti itu tetapi segmen mana atau melalui model mana teknologi hibrida tersebut akan disematkan, maksih belum diketahui. Apalagi pertaturan pemerintah belum dirilis, sehingga tidak bisa diketahui lebih lanjut lagi.

"Setelah peraturan itu keluar, kita butuh sebenar untuk mempelajari, kemudian mengambil langkah selanjutnya," ucap Anton lagi.

Menurut Anton, karena pemerintah menargetkan 20 persen dari total penjualan mobil baru di Indonesia pada 2025 disumbangkan oleh mobil listrik, maka harus berani bermain di segmen yang memiliki volume penjualan besar.

"Jadi tidak mungkin hanya sedan saja, tetapi harus ke segmen lain seperti MPV, hatchback dan lain sebagainya yang memang akan kita pelajari bersama juga nantinya," kata dia.

Kesiapan TMMIN

Belum lama ini, Wakil Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono juga pernah mengatakan bahwa pabriknya itu tidak masalah jika diminta untuk memproduksi mobil berteknologi hibrida.

Toyota Sienta HybridAditya Maulana - KompasOtomotif Toyota Sienta Hybrid

Proses perakitan itu kan sebenarnya sederhana, yang tidak sederhana itu bagaimana menyiapkan rantai pasokan,” kata Warih beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Sebagai contoh, pada teknologi hibrida Sienta, dikatakan Warih komponen yang paling sulit diproduksi lokal adalah baterai. Sienta menggunakan baterai nickel–metal hydride yang bisa diisi ulang.

Menurut dia, baterai memang hanya sekian persen dari bagian mobil tapi justru paling krusial. Tetapi, pada dasarnya TMMIN bisa memporoduksi mobil hibrida.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com