Kompas.com - 07/03/2019, 10:58 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

BANDUNG, KOMPAS.com - Mini Maxindo pop-up store yang baru saja diluncurkan di Trans Studio Mall (TSM), Bandung, Jawa Barat, rupanya menjadi cara Mini Indonesia melihat seberapa besar penggemar Mini di kawasan tersebut.

Bila pasarnya menjanjikan, tidak menutup kemungkinan Mini akan lebih serius untuk mendirikan jaringan resminya di Bandung. Kondisi tersebut dijelaskan oleh President Director PT Maxindo International Nusantara Indah Joe Surya.

"Kita lihat dulu animonya seperti apa, secara pasar memang Bandung cukup menjanjikan karena bisa dibilang kental dengan lifestyle. Kalau bicara populasi, pemilik Mini di Bandung juga cukup banyak, sekitar 500-an," ucap Joe di Bandung, Selasa (5/3/2019).

Baca juga: Lebih Dekat dengan Mini 3-Door Black Edition

Menurut Joe, selama ini masyarakat di Bandung yang membeli Mini langsung melalui jaringan di Jakarta. Sementara untuk perawatannya sendiri, biasanya ada beberapa opsi, mulai dari datang ke bengkel BMW di Bandung, mengirimkan mekanik, atau membawa moibl ke Jakarta.

Mini 3-Door Black Edition Mini 3-Door Black Edition

Sementara itu, Vice President Corporate Communication BMW Group Indonesia Jodie O'tania, menjelaskan memang ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum berinvestasi membuka diler. Pertama adalah melakukan survei dan studi terkait karakteristik calon konsumennya, jalan tersebut salah satunya ditempu melalui pop-up store tersebut.

"Tahapan membangun diler itu kita pasti harus mengenal dekat lagi pelanggannya, seperti tes pasar untuk melihat potensinya. Karena itu kita buka pop-up store, dan ini juga investasi yang tidak kecil," ucap Jodie.

Bandung dikatakan Jodie memang cukup potensial, namun dari segi karakteristik konsumennya ternyata juga cukup unik. Pertama dari pembelian unit yang lebih banyak dilakukan langsung di Jakarta, sementara faktor keduanya dari jenis unit yang disukai cenderung model koleksi seperti Mini 3-Door.

Mini Pop-up Store Bandung Mini Pop-up Store Bandung

Melalui kehadiran pop-up store di Bandung, Jodie berharap bisa mendapat hasil positif. Apalagi gerai lifestyle tersebut juga telah didukung dangan layanan quick service bagi konsumen Mini yang ingin melalukan perawatan ringan.

"Adanya quick service juga menjadi salah satu barometer kami untuk melihat kebutuhan konsumen Mini di Bandung rata-rata seperti apa. Apakah hanya perawatan ringgan atau ada kebutuhan lainnya," ucap Jodie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.