Lakukan Ini jika Mobil Mengalami Rem Blong

Kompas.com - 08/01/2019, 08:22 WIB
Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Solo-Ngawi pada Senin (4/6/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Tim Merapah Trans Jawa 3 Kompas.com melintas di tol Solo-Ngawi pada Senin (4/6/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu permasalahan yang sering dialami pengemudi ketika di jalan raya yaitu rem mobil tidak berfungsi alias blong. Kejadian seperti itu bisa membahayakan buat diri sendiri dan juga pengendara lain di sekitar.

Nah, oleh sebab itu, jika Anda mengalami rem blong, kunci utamanya jangan panik. Usahakan masih bersikap santai dan kendalikan mobil menuju ke arah yang sekiranya aman atau dapat menghentikan laju kendaraan.

Menurut Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatasi mobil yang mengalami rem blong gampang-gampang susah. Selain jangan panik, bisa juga dengan mencoba menginjak pedal rem lagi karena kemungkinan rem mengalami vapor locking.

Selain itu, pengemudi juga bisa melakukan engine brake secara bertahap untuk menurunkan transmisi sehingga kecepatan mobil menjadi menurun.

Baca juga: Cara Terhindar dari Ancaman Kematian karena Rem Blong

"Jika mobil masih jalan juga, coba untuk menggesekan mobil ke pembatas jalan atau apabila ada jalur penyelamat bisa digunakan," ucap Marcell ketika dihubungi Kompas.com akhir pekan lalu.

Kasus mobil penumpang yang mengalami rem blong, boleh dikatakan jarang terjadi, terutama buat kendaraan yang dirawat rutin di bengkel resmi. Kebocoran pada sistem rem hirdolis bisa terjadi karena faktor usia komponen.

Ketimbang mobil penumpang, rem blong lebih umum terjadi pada kendaraan komersial seperti truk atau bus yang dipaksa kerja terus-terusan tanpa diperhatikan kesehatan komponennya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X