Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini jika Mobil Mengalami Rem Blong

Kompas.com - 08/01/2019, 08:22 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Salah satu permasalahan yang sering dialami pengemudi ketika di jalan raya yaitu rem mobil tidak berfungsi alias blong. Kejadian seperti itu bisa membahayakan buat diri sendiri dan juga pengendara lain di sekitar.

Nah, oleh sebab itu, jika Anda mengalami rem blong, kunci utamanya jangan panik. Usahakan masih bersikap santai dan kendalikan mobil menuju ke arah yang sekiranya aman atau dapat menghentikan laju kendaraan.

Menurut Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center, mengatasi mobil yang mengalami rem blong gampang-gampang susah. Selain jangan panik, bisa juga dengan mencoba menginjak pedal rem lagi karena kemungkinan rem mengalami vapor locking.

Selain itu, pengemudi juga bisa melakukan engine brake secara bertahap untuk menurunkan transmisi sehingga kecepatan mobil menjadi menurun.

Baca juga: Cara Terhindar dari Ancaman Kematian karena Rem Blong

"Jika mobil masih jalan juga, coba untuk menggesekan mobil ke pembatas jalan atau apabila ada jalur penyelamat bisa digunakan," ucap Marcell ketika dihubungi Kompas.com akhir pekan lalu.

Kasus mobil penumpang yang mengalami rem blong, boleh dikatakan jarang terjadi, terutama buat kendaraan yang dirawat rutin di bengkel resmi. Kebocoran pada sistem rem hirdolis bisa terjadi karena faktor usia komponen.

Ketimbang mobil penumpang, rem blong lebih umum terjadi pada kendaraan komersial seperti truk atau bus yang dipaksa kerja terus-terusan tanpa diperhatikan kesehatan komponennya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com