November, Avanza Ungguli Xpander, Confero Geser Mobilio

Kompas.com - 17/12/2018, 08:02 WIB
Xpander VS Avanza Stanly/KompasOtomotifXpander VS Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com — Segmen low multipurpose vehicle (LMPV) di Indonesia saat ini padat dengan beragam pilihan model dari pabrikan. Model ini populer di Indonesia karena memiliki kelebihan daya angkut penumpang yang lebih panjang sehingga bisa digunakan di beragam kebutuhan.

Hingga November 2018, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mencatatkan Avanza kembali berada di posisi teratas kelompok kendaraan ini. Data wholesale (pabrik ke diler) mencatat MPV andalan Toyota yang diisukan akan diperbarui tahun depan ini terdistribusi 6.993 unit di November 2018.

Catatan untuk total distribusi dari Januari hingga November sebanyak 72.537 unit. Angka ini belum dihitung Transmover yang merupakan kendaraan niaga berbasis Avanza yang pada November saja terjual 560 unit dengan total Januari sampai November sebanyak 2.956 unit.

Produk kedua dalam daftar ini dihuni produk Mitsubishi Xpander yang terjual di November sebanyak 5.094 unit dengan total Januari sampai November sebanyak 71.219 unit. Catatan penjualan Xpander bulan lalu cuma 5.408 unit.

Baca juga: Perang Diskon MPV Sejuta Umat Jelang Akhir Tahun

Produk selanjutnya adalah Suzuki All New Ertiga yang tercatat 2.288 unit. Total penjualan MPV yang dikenalkan tahun ini tersebut hingga November 2018 adalah 17.553 unit.

Andalan Daihatsu, Xenia, selisih tipis dengan Ertiga. Catatan November 2018, kembaran Avanza ini terdistribusi 2.271 unit dengan total Januari sampai November 27.078 unit.

Produk selanjutnya yang mengisi daftar ini adalah Wuling Confero terdistribusi 1.046 unit. Catatan dari Januari sampai November 2018, 9.506 unit.

Mobilio hanya terdistribusi 648 unit, sedangkan 11 bulan tercatat 18.389 unit. Terakhir  Livina yang pada November 2018 mencatat 89 unit dan Januari-November terkirim total 2.279 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.