Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2018, 17:02 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM), rupanya sudah mengantongi strategi untuk menghadapi persaingan di 2019. Salah satunya mengenai rencana merilis produk baru di Tanah Air.

Menurut Executive General Manager PT TAM Fransiscus Soerjopranoto, Toyota sudah mempersiapkan beberapa produk baru untuk diluncurkan sepanjang 2019 mendatang. Untuk modelnya apa saja diklaim cukup beragam.

"Paling tidak kita inginkan tahun depan (2019) itu sama lah dengan tahun ini, jadi bila 2018 ini ada enam yang baru di 2019 mudah-mudahan sama, minimal enam juga," ujar Soerjo, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (11/12/2018).

Baca juga: Harga Toyota Avanza Facelift Tidak Naik Tinggi?

Soerjo menjelaskan enam produk yang akan diluncurkan pada 2019 nanti bukan semuanya total model baru. Ada beberapa yang bentuknya minor change, pengembangan model, full model change, bahkan new model yang benar-benar baru.

Sales promotion girl berpose di samping Toyota Agya 1.2L saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Sales promotion girl berpose di samping Toyota Agya 1.2L saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (28/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
Meski telah disiapkan, tapi untuk jadwal peluncurannya sendiri Toyota masih berpatokan pada situasi dan kondisi pasar di Indonesia. Bila memang tidak memungkinkan, maka peluang untuk menahan peluncuran produk baru bisa saja terjadi.

"Balik lagi, timing kami untuk memperkenalkan tergantung dari kondisi market-nya, bila tidak oke kami juga akan hold. Contoh seperti tahun ini, dengan adanya trade deficit kalau kami tetap memperkenalkan produk misalnya dari CBU, itu kan tidak cocok," ujar Soerjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com