Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Komponen Vital pada AC Mobil

Kompas.com - 10/12/2018, 12:52 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komponen pada Air Conditioner (AC) mobil cukup banyak, mulai bersifat mekanikal hingga elektrikal. Namun, untuk menjaga keawetan alat pendingin atau penyejuk suhu di dalam kabin, ada tiga yang harus diperhatikan.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, ketiganya, yaitu kompresor, kondensor dan evaporator. Komponen tersebut merupakan bagian yang vital dalam memelihata keawetan AC.

Sapta menjelaskan, pemeliharaan kondensor bisa dengan cara dibersihkan dengan menyemprotkannya menggunakan air. Secara bentuk, mirip seperti radiator mobil.

Baca juga: Benarkah Langsung Nyalakan “AC” Saat Masuk Mobil Berbahaya?

Selanjutnya, untuk membersihkan evaporator harus dilakukan di bengkel resmi, karena apabila komponen tersebut kotor harus dibersihkan menggunakan alat khusus.

"Jika kotor atau tertutup lumpur maka berpotensi AC menjadi tidak dingin," kata Sapta ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (9/12/2018).

Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Kompresor AC mobil copotan. Hati-hati memilih.

Sapta melanjutkan, apabila suhu AC di mobil tidak dingin maka kemungkian besar dari ketiga komponen itu mengalami masalah, atau terkadang hal sederhana, seperti blower AC kotor tertutup debu.

"Jadi perlu melakukan perawatan atau dibersihkan minmal satu tahun sekali. Atau bisa juga membersihkan Cabin Air Filter setiap 10.000 km atau ganti di 30.000 km," ujar Sapta.

Selain itu, Sapta juga menyarankan agar ketika melakukan perjalanan jauh sesekali membuka jendela agar terjadi pertukaran atau sirkulasi udara dari luar dan dari dalam ke luar sehingga bisa lebih segar lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com