Apa Jadinya Jika Oli Mobil Dipakai untuk Mesin Motor?

Kompas.com - 30/11/2018, 14:57 WIB
Cek oli motor Otomotifzone.comCek oli motor

Jakarta, KOMPAS.com — Saat mengetahui bahwa volume oli pada mesin motor berkurang, biasanya pengguna langsung mencari oli tambahan. Sialnya, terkadang pelumas tambahan yang sesuai tidak tersedia.

Ada juga yang berspekulasi melakukan eksperimen menuangkan oli mesin mobil untuk motor. Lantas kira-kira apa yang akan terjadi?

Baca juga: Skuter Listrik Gesits Diproduksi Januari 2019

“Bukan soal bisa atau tidak, lebih tepat adalah apa pengaruhnya untuk mesin motor sendiri, itu harus dilihat lagi dari kerjanya mesin motor,” ucap Andreawan, mekanik bengkel motor di kawasan Fatmawati, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut Andre, panggilan akrabnya, pemilik motor harus memahami kerja mesin motor miliknya terlebih dulu.

Oli motorotoengine.com Oli motor

 

Perbedaannya adalah pada sistem kerja motor antara mesin dan transmisi berada dalam satu ruang. Sementara pada mobil antara mesin dan transmisi berada di tempat terpisah.

Transmisi motor ikut terendam dalam pelumas atau biasa disebut wet clutch. Artinya, oli mesin untuk sepeda motor ikut melumasi komponen yang terdapat dalam transmisi.

Baca juga: Kira-kira Berapa Harga Avanza Terbaru?

“Ini artinya spesifikasi oli tidak bisa terlalu licin karena nanti antarkomponen kopling malah terjadi slip kopling. Ini membuat kinerja motor terganggu,” ucap Andre.

Slip kopling rentan terjadi di kecepatan tinggi, beban berat, tanjakan. Saat putaran gas dibuka, putaran mesin ikut naik, namun roda tidak bisa berputar mengejar putaran mesin.

Bagian mesin motor skutikOtomania/Setyo Adi Bagian mesin motor skutik

Kemungkinan masalah slip kopling bisa terjadi lantaran oli mobil kebanyakan memiliki aditif low friction yang memang dibutuhkan saat mesin mobil bekerja.

Pada oli khusus motor, selain untuk melumasi, juga berperan untuk pendingin dan untuk mendukung kerja transmisi sehingga formulasinya biasanya sudah disiapkan khusus.

“Jadi lebih banyak ruginya pakai oli mobil. Baiknya gunakan oli dengan spesifikasi yang sesuai dengan yang direkomendasikan dan sesuai peruntukannya,” kata Andre.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X