Sudah Berlaku Euro IV, Daihatsu Gran Max Masih Euro II

Kompas.com - 28/11/2018, 11:23 WIB
Daihatsu Gran Max mojokertodaihatsu.wordpress.comDaihatsu Gran Max
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu salah satu agen pemegang merek (APM) yang menikmati relaksasi dari pemerintah untuk mendapatkan dispensasi bagi produk tertentu yang belum memenuhi standar emisi Euro IV. Namun hanya untuk model di segmen komersial, yaitu Gran Max.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, dispensasi itu hanya untuk mobil komersial, sedangkan kendaraan penumpang sudah memenuhi standar emisi Euro IV sejak Oktober 2018.

"Jadi kami hanya ikuti saja aturan yang ada ini," ucap wanita yang akrab disapa Amel saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (27/11/2018) malam.

Baca juga: Sekarang Standar Emisi Euro IV Itu Seperti “Jebakan Batman”

Amel melanjutkan, Gran Max sendiri baru pada 1 April 2019 akan memiliki standar emisi Euro IV, atau sesuai dengan dispensasi yang telah diajukan dan diberikan oleh Kementerian Perindustrian.

Secara mesin, lanjut dia tetap sama seperti yang sekarang hanya saja akan ada penambahan catalitic converter. "Jadi penambahannya itu akan kita mulai di April 2019, jadi bukan karena ada kendala apa-apa," ujar Amel.

Berdasarkan data penjualan yang dirilis ADM, distribusi dari diler ke konsumen untuk Gran Max (PU) periode Januari-Oktober sudah mencapai 34.434 unit dan Gran Max (MB) 13.157 unit.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X