Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Berlaku Euro IV, Daihatsu Gran Max Masih Euro II

Kompas.com - 28/11/2018, 11:23 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu salah satu agen pemegang merek (APM) yang menikmati relaksasi dari pemerintah untuk mendapatkan dispensasi bagi produk tertentu yang belum memenuhi standar emisi Euro IV. Namun hanya untuk model di segmen komersial, yaitu Gran Max.

Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, dispensasi itu hanya untuk mobil komersial, sedangkan kendaraan penumpang sudah memenuhi standar emisi Euro IV sejak Oktober 2018.

"Jadi kami hanya ikuti saja aturan yang ada ini," ucap wanita yang akrab disapa Amel saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (27/11/2018) malam.

Baca juga: Sekarang Standar Emisi Euro IV Itu Seperti “Jebakan Batman”

Amel melanjutkan, Gran Max sendiri baru pada 1 April 2019 akan memiliki standar emisi Euro IV, atau sesuai dengan dispensasi yang telah diajukan dan diberikan oleh Kementerian Perindustrian.

Secara mesin, lanjut dia tetap sama seperti yang sekarang hanya saja akan ada penambahan catalitic converter. "Jadi penambahannya itu akan kita mulai di April 2019, jadi bukan karena ada kendala apa-apa," ujar Amel.

Berdasarkan data penjualan yang dirilis ADM, distribusi dari diler ke konsumen untuk Gran Max (PU) periode Januari-Oktober sudah mencapai 34.434 unit dan Gran Max (MB) 13.157 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com