Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brio Satya, Mobil Murah Paling Laris

Kompas.com - 16/11/2018, 15:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen kendaraan low cost green car (LCGC) atau yang disebut secara resmi sebagai kendaraan bermotor roda empat yang hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) jadi salah satu segmen kendaraan yang banyak dilirik konsumen Indonesia.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) segmen LCGC Oktober mendapatkan kenaikan jumlah distribusi. Pada September sebelumnya total di segmen ini 15.222 unit sedangkan pada Oktober menjadi 21.977 unit.

Dari model-model yang ditawarkan, Honda Brio Satya menjadi yang terbanyak dengan total 5.411 unit. Brio terbaru dikenalkan pada ajang pameran otomotif Agustus lalu, sempat tidak tercatat angka distribusinya di bulan September lalu dan kini menjadi yang tertinggi diantara model LCGC lain.

Model kedua adalah Daihatsu Sigra dengan total distribusi sebanyak 5.339 unit. Tempat ketiga disusul produk kembarannya, Toyota Calya dengan raihan 5.073 unit. 

Baca juga: Agar Mesin LCGC Anda Tidak Cepat Panas, Simak Hal Ini

Posisi kempat dihuni oleh Toyota Agya dengan catatan 2.774 unit. Posisi kelima ada Daihatsu Ayla dengan angka distribusi 2.601 unit.

Kemudian disusul di tempat keenam Suzuki Karimun Wagon R dengan 404 unit.

Produk Datsun Go dan Go+ berada di tempat ketujuh dan kedelapan. LCGC Datsun tersebut masing-masing meraih 267 unit dan 108 unit atau menjadi yang terakhir di daftar distribusi Oktober 2018.

Secara total, segmen LCGC sejak Januari hingga Oktober 2018 terdistribusi sebanyak 190.733 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com