Suspensi Upside Down R25 Terbaru Bisa Dipasang di Model Lama - Kompas.com

Suspensi Upside Down R25 Terbaru Bisa Dipasang di Model Lama

Kompas.com - 09/11/2018, 10:24 WIB
Media mendapatkan kesempatan untuk menjajal R25 dan Freego di Sirkuit Sentul, BogorKompas.com/Setyo Adi Media mendapatkan kesempatan untuk menjajal R25 dan Freego di Sirkuit Sentul, Bogor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembaruan Yamaha R25 sudah resmi dikenalkan Oktober lalu. Motor sport 250 cc ini hadir dengan beberapa ubahan dibandingkan dengan model sebelumnya.

Salah satu ubahan yang dilakukan ada pada bagian suspensi depan. R25 terbaru menggunakan suspensi upside down yang dinilai lebih dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih sporty.

"Pengaplikasian desain bodi baru juga suspensi upside down itu membuat keseimbangan berat (weight balancenya) jadi 50:50. Ini digabungkan juga dengan perubahan dari desain tangki dan posisi duduk," ucap GM Aftersales Service & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin, saat ditemui Kamis (8/11/2018).

Dari bocoran spesifikasi Yamaha, suspensi upside down dari Kayaba ini memiliki ukuran inner tube 37 mm. Untuk ukuran front for stroke 130 mm.

Baca juga: R25 dan Ninja 250 Isi Daftar Motor Sport 250 cc November 2018

Spesifikasi pegasnya, saat tidak dalam tekanan memiliki panjang 293,4 mm dengan ukuran spring rate 19,6 Nm/mm. Damping force, dengan ukuran tekanan 485 N/0,3 m/s dan ukuran kompresi 580 N/1,0 m/s. 

Untuk takaran pelumas, oli suspensi yang direkomendasikan adalah 10 W atau yang setara. Volumenya setiap tabung 356 cm kubik dan oli levelnya berada di 84 mm.

Lantas pertanyaannya, apakah suspensi ini dapat digunakan pada R25 model sebelumnya? Mengingat suspensi upside down cukup jadi barang idaman pemilik sebelumnya dan tidak ada perubahan dari segi performa untuk R25 terbaru ini.

"Memungkinkan. Bisa. Karena diameter underbraket sama hanya ukuran pengikatnya beda. Ukurannya pengikatnya ini 46 mm," ucap Abidin. 

Abidin mengungkapkan suspensi ini dapat dipesan dan dipasangkan di bengkel resmi Yamaha. Sayangnya untuk total harga yang harus dikeluarkan, Abidin tidak dapat mengetahui harga persisnya.

Yamaha R25 ditawarkan dalam dua varian yakni standar dan Livery MotoGp. Harga motor ini dibanderol mulai Rp 58,6 juta.



Close Ads X