Bukan Cuma Mempercantik, Ini Fungsi Lain Cat Mobil - Kompas.com

Bukan Cuma Mempercantik, Ini Fungsi Lain Cat Mobil

Kompas.com - 06/11/2018, 10:02 WIB
Ilustrasi jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Auto2000.Hyundai Mobil Indonesia. Ilustrasi jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Auto2000.

JAKARTA, KOMPAS.com – Warna cat pada bodi mobil, menjadi daya tarik sendiri buat konsumen. Bahkan tak jarang masyarakat akhirnya memutuskan buat membeli salah satu produk, karena mempertimbangkan warna.

Sebenarnya, cat yang dibalutkan pada tubuh kendaraan yang telah diberi warna, punya beberapa fungsi. Ini seperti dijelaskan di dalam buku “ Pengecatan Ulang Bodi Kendaraaan” karya Buntarto.

Mulai dari yang pertama bertujuan sebagai hiasan (dekoratif), di mana membuat mobil menjadi lebih indah, sehingga memiliki nilai seni dan daya tarik lebih tinggi dibanding sebelum dicat.

Kedua, punya fungsi pelindung, khususnya bagian permukaan yang dicat berbahan logam. Perlindungan ini untuk menghambat terjadinya korosi, akibat pengaruh cuaca atau lingkungan sekitar. Sehingga bisa memperpanjang usia material tersebut.

Jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Hyundai Cabang Simprug, Jakarta Selatan.Hyundai Mobil Indonesia. Jasa perbaikan bodi dan pengecatan di Bengkel Hyundai Cabang Simprug, Jakarta Selatan.

Ini juga seperti yang disampaikan oleh Didi Ahadi, Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) yang mengatakan, “Selain untuk mempercantik tampilan, cat juga buat melindungi panel mobil dari oksidasi ataupun pengaruh dari lingkungan, misal panas, karat dan lainnya.”

Ketiga, memiliki fungsi khusus, yaitu digunakan untuk pemantulan cahaya, isolasi, penghantar listrik, peredam suara dan lainnya.

Pengacatan pada bodi kendaraan, yang bahan  pelapisnya diberi warna biasanya merupakan pekerjaan pada tahap akhir atau istilah kerennya finishing.

“Setelah panel mobil dilapisi primer (anti karat), baru kemudian dilapisi oleh surfacer, cat dasar (base coat) lalu clear coat,” kata Didi.



Close Ads X