Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kirim Bantuan Pemulihan di Palu

Kompas.com - 02/11/2018, 19:08 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Astra Motor (TAM) menyiapkan bantuan pemulihan bagi masyarakat Kota Palu pasca-gempa dan tsunami pada 28 September 2018 mendatang. Langkah ini menjadi lanjutan dari aksi tanggap darurat yang sebelumnya sudah dilakukan.

Vice President Director TAM Henry Tanoto, mengatakan keluarga besar Toyota sangat berduka atas musibah gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Sebagai wujud empati, sejak awal kami sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa kebutuhan dasar seperti makanan, minuman, dan layanan kesehatan untuk segera mengurangi beban oleh masyarakat yang terkena dampak bencana ini. Tahap berikutnya, kami segera menyiapkan bantuan untuk pemulihan,” kata Henry dalam siran resminya, Jumat (2/11/2018).

Baca juga: Gempa dan Tsunami Palu Berdampak pada Tiga Fasilitas Toyota

TAM telah melakukan tiga kali pengiriman bantan tanggap darurat beruapa makanan, seperti mie instant, susu, air bersih, kebutuhan untuk tidur semuanya sudah tersalurkan di tanggal 10 Oktober lalu. Bantuan dipusatkan di area pengungsian yang dibangun di halaman diler Toyota. Begitu juga puluhan tenaga medis yang ditempatkan dan disiagakan di areal ini.

Tidak hanya itu, TAM juga memberikan bantuan perbaikan kendaraan untuk menjaga kelancaran mobilitas pengiriman bantuan ke berbagai lokasi pengungsian. Bekerjasama dengan diler, TAM mengerahkan tenaga terampil untuk membantu masyarakat yang membutukan layanan perbaikan.

Kondisi Kelurahan Balaroa di Sulawesi Tengah yang hancur ditelan bumi setelah gempa bumi dahsyat mengguncang Sulawesi Tengah.KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR Kondisi Kelurahan Balaroa di Sulawesi Tengah yang hancur ditelan bumi setelah gempa bumi dahsyat mengguncang Sulawesi Tengah.
“Sebagai pelaku industri otomotif, kami berkewajiban untuk memastikan kendaraan khususnya milik pengguna Toyota agar dapat digunakan secara optimal membantu proses evakuasi. Saat ini diler sudah mulai beroperasi. Meski masih terbatas, diharapkan akan membantu proses tersebut,” kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Baca juga: Korban Bencana di Palu Dapat Fasilitas Urus Surat Kendaraan

Sementara untuk nilai bantuan, disarikan dari berbagai sumber, dana yang telah disiapkan untuk bantuan logistik mencapai Rp 2,7 miliar. Selain bantuan TAM ini, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan sejumlah perusahaan yang masuk dalam rantai pasok Toyota di dalam negeri juga telah menyiapkan dana bantuan.

Secara keseluruhan, dana yang sudah berhasil digalang oleh Group Toyota Indonesia (termasuk TAM) sudah mencapai Rp 6,5 miliar. Selain disalurkan langsung seperti yang dilakukan TAM, dana bantuan tersebut juga disalurkan melalui lembaga-lembaga seperti PMI.

Sementara itu, Toyota Motor Corporation (TMC) pun melalui organisasi palang merah Jepang turut mendonasikan 10 Juta Yen atau sekitar Rp 1,3 miliar untuk korban gempa yang terjadi di Sulteng.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com