Kompas.com - 02/11/2018, 19:08 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.comToyota Astra Motor (TAM) menyiapkan bantuan pemulihan bagi masyarakat Kota Palu pasca-gempa dan tsunami pada 28 September 2018 mendatang. Langkah ini menjadi lanjutan dari aksi tanggap darurat yang sebelumnya sudah dilakukan.

Vice President Director TAM Henry Tanoto, mengatakan keluarga besar Toyota sangat berduka atas musibah gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

“Sebagai wujud empati, sejak awal kami sudah menyalurkan bantuan tanggap darurat berupa kebutuhan dasar seperti makanan, minuman, dan layanan kesehatan untuk segera mengurangi beban oleh masyarakat yang terkena dampak bencana ini. Tahap berikutnya, kami segera menyiapkan bantuan untuk pemulihan,” kata Henry dalam siran resminya, Jumat (2/11/2018).

Baca juga: Gempa dan Tsunami Palu Berdampak pada Tiga Fasilitas Toyota

TAM telah melakukan tiga kali pengiriman bantan tanggap darurat beruapa makanan, seperti mie instant, susu, air bersih, kebutuhan untuk tidur semuanya sudah tersalurkan di tanggal 10 Oktober lalu. Bantuan dipusatkan di area pengungsian yang dibangun di halaman diler Toyota. Begitu juga puluhan tenaga medis yang ditempatkan dan disiagakan di areal ini.

Tidak hanya itu, TAM juga memberikan bantuan perbaikan kendaraan untuk menjaga kelancaran mobilitas pengiriman bantuan ke berbagai lokasi pengungsian. Bekerjasama dengan diler, TAM mengerahkan tenaga terampil untuk membantu masyarakat yang membutukan layanan perbaikan.

Kondisi Kelurahan Balaroa di Sulawesi Tengah yang hancur ditelan bumi setelah gempa bumi dahsyat mengguncang Sulawesi Tengah.KOMPAS.com/ROSYID A AZHAR Kondisi Kelurahan Balaroa di Sulawesi Tengah yang hancur ditelan bumi setelah gempa bumi dahsyat mengguncang Sulawesi Tengah.
“Sebagai pelaku industri otomotif, kami berkewajiban untuk memastikan kendaraan khususnya milik pengguna Toyota agar dapat digunakan secara optimal membantu proses evakuasi. Saat ini diler sudah mulai beroperasi. Meski masih terbatas, diharapkan akan membantu proses tersebut,” kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Baca juga: Korban Bencana di Palu Dapat Fasilitas Urus Surat Kendaraan

Sementara untuk nilai bantuan, disarikan dari berbagai sumber, dana yang telah disiapkan untuk bantuan logistik mencapai Rp 2,7 miliar. Selain bantuan TAM ini, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan sejumlah perusahaan yang masuk dalam rantai pasok Toyota di dalam negeri juga telah menyiapkan dana bantuan.

Secara keseluruhan, dana yang sudah berhasil digalang oleh Group Toyota Indonesia (termasuk TAM) sudah mencapai Rp 6,5 miliar. Selain disalurkan langsung seperti yang dilakukan TAM, dana bantuan tersebut juga disalurkan melalui lembaga-lembaga seperti PMI.

Sementara itu, Toyota Motor Corporation (TMC) pun melalui organisasi palang merah Jepang turut mendonasikan 10 Juta Yen atau sekitar Rp 1,3 miliar untuk korban gempa yang terjadi di Sulteng.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.