Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perlahan Datsun Mau Copot Cap Mobil Murah

Kompas.com - 03/09/2018, 13:59 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Datsun mulai meramaikan pasar otomotif nasional pada 2013. Ketika itu langsung meluncurkan dua produk sekaligus, yaitu GO Panca dan GO+ Panca yang diposisikan masuk dalam segmen low cost green car/LCGC atau mobil murah.

Sejak itu pula, cap mobil murah langsung melakat pada Datsun. Sekarang, perlahan ingin mencoba dicopot, salah satunya dengan meluncurkan Cross pada awal 2018 yang bukan masuk dalam kategori LCGC.

"Tetapi Datsun itu bukan hanya merek LCGC saja. Sekarang kita akan membuat Datsun itu bergerak ke segmen lain, dan secara model lebih stylish," kata Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia (NMI) Eiichi Koito belum lama ini di Bekasi, Jawa Barat.

Baca juga: Datsun Sulit Naik Kelas, Ini Penyebabnya

Secara penerimaan produk, apabila melihat dari wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) untuk dua model di kelas LCGC sepanjang tahun ini (Januari-Juni) sudah mencapai 5.373 unit.

Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan tahun lalu menurun hampir 50 persen atau Januari-Juni 2017 mencapai 10.484 unit.

Sementara model yang di luar LCGC, yaitu Cross sudah terjual 2.248 unit. Awal pengiriman dari pabrik ke diler pada Maret 2018 mencapai 2.223 unit, sementara bulan selanjutnya turun drastis menjadi 13 unit di April, tujuh unit Mei dan lima unit di Juni 2018.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com