Kompas.com - 31/08/2018, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Pasar mobil mengalami hasil positif secara keseluruhan di tujuh bulan pertama 2018, atau tumbuh di 6,8 persen menjadi 661.093 unit. Sementara, untuk Juli saja naik 26,19 persen (107.431 unit).

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menarik untuk melihat rapor pencapaian, dari lima besar merek terlaris di dalam negeri.

Toyota Avanza.ISTIMEWA Toyota Avanza.

Toyota

Pemimpin pasar dalam negeri ini harus mendapat rapor merah, penurunan dua digit pada Januari-Juli 2018 ini, sampai 13,43 persen, atau hanya memperoleh 196.430 unit saja. Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, mencapai 226.909.

Sementara pada bulan Juli saja, dibanding 2017 Toyota mengalami kenaikan 10,64 persen. Namun sayangnya, kenaikan di Juli tak bisa menutup hasil positif sepanjang tujuh bulan.

Tak bisa dipungkiri, performa Toyota menurun semenjak jagoannya Avanza sudah tak lagi dalam performa terbaiknya dari sisi penjualan. Di segmen LMPV memang pilihannya saat ini sudah semakin banyak, tak hanya dari merek Jepang tapi juga ada dari China Wuling.

Baca juga: Gaikindo Bilang Hati-hati Soal Kebijakan DP 0 Persen

Harga Daihatsu Sigra naikStanly/KompasOtomotif Harga Daihatsu Sigra naik
 Daihatsu

Merek yang punya hubungan darah dengan Toyota, memperoleh hasil positif Januari-Juli dengan kenaikan 3,66 persen. Meski tak besar, tapi ini lebih baik dibanding induk perusahaannya, yang anjok sampai dua digit.

Paling tidak, Daihatsu masih cukup kebal, dalam persaingan otomotif dalam negeri yang semakin ketat. Wholesales-nya selama tujuh bulan mencapai 112.893 unit, di mana tahun sebelumnya hanya 108.905 unit.

World Premier Honda Brio 2018STANLY RAVEL World Premier Honda Brio 2018

Honda

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.