Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benelli Incar Segmen Pecinta Motor yang "Narsis"

Kompas.com - 15/08/2018, 18:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Benelli Anugerah Motor Pusaka merupakan agen pemegang merek (APM) sepeda motor yang tergolong pemain baru di pasar otomotif Indonesia. Cukup sulit bagi Benelli untuk langsung bersaing dengan pemain-pemain lama yang sudah lebih dikenal masyarakat.

Guna bisa lebih diterima masyarakat, Benelli kemudian memutuskan menghadirkan produk yang belum terjamah oleh para kompetitor. Hal itulah yang melatarbelakangi diluncurkannya barisan produk motor cruiser dengan harga terjangkau.

Sampai sejauh ini, Benelli tercatat sudah memiliki tiga produk "small cruiser", masing-masing Motobi 202 Evo, Motobi 200 Evo, dan Patagonian Eagle S. Bila motor-motor cruiser merek lain dibanderol dengan harga relatif mahal, Benelli membanderol tiga motor cruisernya dengan harga relatif terjangkau.

Baca juga: Benelli Srambler Saingan Ducati Meluncur di IIMS 2019

Deretan motor yang dipajang di stan Benelli pada hari ketiga pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/4/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Deretan motor yang dipajang di stan Benelli pada hari ketiga pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/4/2018).

Motobi 202 Evo diketahui hanya dijual dengan harga Rp 30,8 juta; Motobi 200 Evo dengan Rp 28,8 juta; dan Patagonian Eagle S dengan Rp 37,9 juta. Seluruhnya merupakan harga on the road wilayah Jakarta.

CEO Benelli Indonesia Steven Kentjana Putra mengatakan, sebagian besar pecinta sepeda motor adalah konsumen yang ingin tampil beda. Segmen inilah yang kini diincar oleh Benelli. Jadi ketimbang skuter matik (skutik), menghadirkan cruiser dengan harga terjangkau tentu membuat merek blasteran Italia-China itu lebih mudah diterima.

"Karena ada konsumen yang ingin narsis. Dia ingin terlihat eye catching dan jadi pusat perhatian ketika berada di jalan. Caranya dengan memilih motor yang populasinya jarang," kata Steven kepada Kompas.com, Rabu (15/8/2018).

Baca juga: Motor Cruiser 200 cc dari Benelli

Motobi 152, motor sport retro yang diperkenalkan PT Benelli Anugerah Motor Pusaka di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Kompas.com/Alsadad Rudi Motobi 152, motor sport retro yang diperkenalkan PT Benelli Anugerah Motor Pusaka di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018.

Pada perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 silam, ketiga small cruiser tersebut menyumbang angka penjualan yang diklaim cukup positif bagi Benelli. Meski tak menyebutkan secara rinci, Steven menyebut total penjualan Benelli selama pameran mencapai 165 unit. Angka yang cukup lumayan bagi pemain baru seperti Benelli.

Steven berharap pencapaian di GIIAS bisa terus berlanjut. Untuk ke depannya, Steven menyatakan Benelli akan terus berupaya menghadirkan kembali produk baru yang tentunya beda daripada yang sudah ada.

Baca juga: Merek China Blasteran Italia Tantang Kawasaki W175

"Kita ingin meramaikan pasar supaya pecinta roda dua semakin banyak pilihan. Cara dengan menghadirkan produk yang tidak mainstream, tapi harganya bisa bersaing," ucap Steven.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com